Anda pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar Korea Selatan yang dikenal dengan negara Ginseng. Negara ini bahkan sangat populer dengan berbagai K-Pop dan K-drama yang dimilikinya. Namun di balik itu semua, ternyata Korea Selatan juga mempunyai masjid-masjid ternama di sana.

5 Masjid Terkenal di Korea Selatan

Apabila berkesempatan mengunjungi negara Ginseng tersebut, Anda juga bisa pergi ke masjid-masjid di sana selain ke berbagai tempat wisatanya. Sehingga Anda dapat mengunjunginya untuk beribadah sekaligus jalan-jalan. Adapun daftar masjid-masjid ternama di Korea Selatan yang dikumpulkan Hasana.id di antaranya sebagai berikut:

  1. Masjid Sirothol Mustaqim (Ansan)

Masjid megah selanjutnya berada di Kota Ansan adalah Masjid Sirothol Mustaqim. Masjid tersebut berdiri di daerah yang banyak ditinggali oleh orang-orang asing, salah satunya yaitu Warga negara Indonesia. Bangunan masjid tersebut terdiri atas 4 lantai, di mana area parkir, ruangan imam, dan wudhu berada di lantai pertama. Sedangkan tempat untuk sholat berada di lantai ke-2 dan ke-3, serta ruangan yang diperuntukkan khusus keorganisasian Islam di Ansan di lantai ke-4.

  1. Masjid Umar bin Khattab (Gwangju)

Masjid Umar bin Khattab yang berada di daerah daerah Yangsan-Dong, Buk-Gu, Gwangju ini tidak seperti masjid pada umumnya. Jika kebanyakan masjid mempunyai kubah, namun tidak dengan Masjid Umaar bin Khattab. Anda mungkin akan terheran-heran karena masjid tersebut mempunyai bentuk yang bisa saja, walaupun begitu masjid ini pun ternyata menjadi penggerak para umat Islam di sana.

  1. Masjid Abu Bakar Al-Siddiq (Jeonju)

Selain ketiga masjid yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa berkunjung ke Masjid Abu Bakar Al-Shiddiq pada saat mengunjungi Jeonju. Masjid yang telah berdiri sejak 1985 tersebut ternyata mempunyai arsitektur yang sangat megah dan indah. Itu karena arsitekturnya sendiri adalah perpaduan desain dari budaya Islam dan Korea. Desain tersebut dapat dilihat dari atap kubah masjid.

  1. Masjid AL-Fatah (Busan)

Masjid terkenal yang juga megah ke-4 yaitu Masjid Al-Fatah di daerah Busan. Masjid tersebut tepatnya ada di Namsan-dong, Geumjeong-gu. Masjid Al-Fatah pun juga menjadi masjid tertua ke-2 di Korea, karena sudah ada sejak tahun 1980. Masjid yang juga tidak kalah megahnya ini menggunakan cat dominan berwarna putih. Selain beribadah, Anda juga bisa memperdalam agama.

  1. Masjid Pusat Seoul (Itaewon)
5 Masjid Ternama di Korea Selatan
5 Masjid Ternama di Korea Selatan

Seoul sebagai ibu kota negara ini mempunyai masjid yang berusia paling tua di Korea Selatan, masjid tersebut yaitu Seoul Central Mosque. Masjid yang  berada di Yongsan-gu daerah Itaewon, diresmikan pada 21 Mei 1976 dengan nama Si’ul Al Markaz. Masjid tersebut mempunyai luas bangunan sebesar 427 m2 dan diperkirakan kapasitas daya tampungnya hingga 800 orang.

Selain bisa traveling, Anda juga dapat belajar tentang bagaimana sejarah perkembangan agama Islam di negara Korea Selatan melalui masjid-masjid yang sudah disebutkan tadi. Sehingga Anda dapat memperkaya wawasan tentang Islam selain di negara Indonesia sendiri. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke masjid terkenal dan megah di atas.

Tagged in: