Lifestyle

Ternyata Ini, 7 Penyebab Jerawat di Wajah Semakin Banyak

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang bermula dari tersumbatnya pori-pori kulit. Sumbatan itu mengakibatkan munculnya benjolan merah berisi...

Written by Editorial · 2 min read >

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang bermula dari tersumbatnya pori-pori kulit. Sumbatan itu mengakibatkan munculnya benjolan merah berisi nanah. Biasanya, wajah menjadi bagian paling rentan mendapat serangan ini. Gejalanya beragam; diawali dari rasa gatal, timbul bintik merah, dan komedo.

Remaja usia belasan tahun lebih rentan terkena jerawat. Kasus ini paling sering menyerang perempuan. Beberapa pria juga kerap kali menemukan jerawat di wajah. Hal itu karena penyebab jerawat yang beragam; bukan hanya hormon.

Kurang lebih ada lima jenis jerawat yang sering menganggu kesehatan kulit. Pertama, blackhead, benjolan terbuka di permukaan kulit dengan warna hitam. Umumnya, memenuhi dagu, hidung, dan pipi. Selanjutnya, ada whitehead, hampir sama seperti blackhead, tetapi berwarna putih.

Jenis ketiga disebut papula, berupa bintik kecil berwarna merah dan berisi nanah. Jika bentuknya lebih besar, dinamakan pastula. Jerawat ini tergolong parah dan berisiko terjadi infeksi. Terakhir adalah nodula, benjolan besar, bernanah, serta menimbulkan rasa sakit ketika disentuh.

Apa pun jenis jerawatnya, akan semakin parah kalau tidak segera diatasi. Anda bisa menggunakan sabun jerawat untuk mengobati. Namun, sebelum memilih produk yang tepat, ketahui dulu penyebabnya.

Tidak Pernah Membersihkan Wajah

Kontak langsung dengan lingkungan terbuka, berisiko terkena debu dan kotoran. Jika dibiarkan, pasti semakin menebal. Akibatnya, pori-pori pun tersumbat. Saat itu, bakteri penyebab jerawat mulai berkembang. Kemudian, meninggalkan zat iritan yang menimbulkan iritasi pada kulit.

Kalau tidak pernah dibersihkan, iritasi itu semakin menyebar dan berubah menjadi benjolan. Awalnya, mungkin kecil; lambat laun membesar. Bahkan, jumlahnya bisa bertambah banyak ketika diabaikan. Jadi, bersihkan wajah secara rutin dengan memakai sabun jerawat, misalnya Eclipse Soap Bar. Produk medical grade yang bebas merkuri dan hidrokuinon.

Sering Berganti Kosmetik

Tidak dimungkiri, banyak wanita yang mengandalkan kosmetik untuk mempercantik diri. Mereka kerap mencoba berbagai jenis kosmetik. Namun, bukan berarti harus berganti-ganti merek. Pasalnya, zat tersebut bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Lebih aman, gunakan satu brand saja. Sebelumnya, periksa dulu kandungan di dalam kosmetik tersebut. Hindari yang mengandung mineral oil karena bisa memperparah kondisi jerawat.

Faktor Hormon

Saat perempuan memasuki masa menstruasi, terjadi perubahan hormon. Akibatnya, terjadi peningkatan jumlah sebum yang berdekatan dengan folikel rambut. Lambat laun, sebum tersebut menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Penyumbatan semakin parah ketika ada debu yang masuk. Ditambah struktur folikel rambut kian menebal.

Hal-hal tersebut memicu perkembangan bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini mengakibatkan iritasi. Perlahan kulit pun membengkak, bernanah, hingga meradang. Supaya tidak semakin banyak, hindari menyentuh atau memencet jerawat. Lebih baik obati dengan produk anti acne.

Gemar Mengonsumsi Minuman Bersoda

Percaya atau tidak, minuman soda bisa memicu tumbuhnya jerawat. Minuman ini mengakibatkan peningkatan gula darah. Saat itu, terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Dampaknya, produksi minyak pun berlebihan sehingga menyumbat pori-pori. Nah, kalau sudah tersumbat, bercampur dngan debu dan kotoran, bakteri penyebab jerawat pun berkembang.

Faktor Keturunan

Bukan hanya faktor hormon dan kebiasaan yang menyebabkan jerawat. Bahkan, garis keturunan pun bisa menjadi penyebab utamanya. Sebagai contoh, seorang ibu pernah mengalami kasus jerawat parah. Kemungkinan besar, si anak akan terkena kasus serupa. Namun, hal tersebut dapat dikurangi risikonya dengan melakukan perawatan secara rutin.

Sering Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Tangan adalah organ tubuh yang sering digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Tentunya, lebih rentan terkena debu dan kotoran. Ketika Anda menyentuh wajah dengan kondisi kotor, kuman dari tangan bisa berpindah. Kemudian, kuman itu berkembang saat wajah tidak pernah dibersihkan. Karena itulah, kulit mudah terinfeksi jerawat.

Salah Memilih Pembersih Wajah

Berbagai mereka pembersih wajah kini beredar di pasaran. Dengan iming-iming menyembuhkan jerawat secara cepat, produk tersebut bisa laris manis. Namun, tidak semuanya cocok diaplikasikan pada kulit Anda. Beberapa produk bisa menimbulkan efek samping, salah satunya muncul jerawat.

Itulah tujuh penyebab jerawat yang harus diwaspadai. Supaya aman, tidak ada salahnya menggunakan Eclipse Soap Bar untuk mencegah sekaligus mengobati jerawat. Produk ini bisa ditemukan di situs website eclipse.co.id.

manfaat vitamin rambut

Kenali 4 Manfaat Vitamin Rambut

Editorial in Lifestyle
  ·   1 min read