Pada saat ini video animasi banyak digunakan untuk kebutuhan konten, bahkan proses pembuatannya tidak memerlukan keahlian khusus, bisa dibuat melalui online dengan mudah. Ada beberapa aplikasi web untuk membuat animasi online yang bisa digunakan secara gratis. Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Video animasi merupakan gambar bergerak yang dibuat berurutan untuk menghasilkan visual yang menakjubkan, biasanya digunakan oleh para konten kreator maupun para Vlogger untuk membuat video yang bisa menarik perhatian penontonnya, serta bisa juga digunakan sebagai media promosi produk jualan.

Jika kamu ingin membuat animasi untuk keperluan konten, kini tidak perlu mengunduh dan install aplikasi pembuat animasi. Kamu hanya perlu mengakses situs web pembuat animasi saja jika tidak ingin menggunakan creator seperti Imaji. Berikut ini ada beberapa situs animasi online yang bisa kamu gunakan.

Rekomendasi Web untuk Membuat Animasi Online

Pada kesempatan ini akan membahas aplikasi web untuk buat animasi online, yang mana bisa membantu kamu yang ingin menggunakan video animasi untuk kebutuhan konten. Adapun kumpulan situs web tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Powtoon

Powtoon cocok digunakan untuk keperluan pembuatan konten video marketing, infografik, presentasi dan iklan. Kamu bisa menambahkan tulisan tangan, animasi kartun, gambar dan musik agar lebih menarik. Selain itu, kamu bisa memilih berbagai template animasi sesuai keinginan, ada yang berbayar dan tersedia pula versi gratisnya.

2. Biteable

Jika kamu ingin membuat video animasi untuk kebutuhan YouTube, video edukasi, dan bisnis. Biteable bisa memenuhi apa yang kamu butuhkan, website ini menyediakan berbagai jenis video animasi dengan beberapa kategori yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu, serta banyak template yang siap pakai dan tinggal klik saja.

3. Motionden

Motionden bisa membantu kamu untuk membuat video animasi online dengan mudah, seperti membuat intro YouTube, company profile, dan opening video lainnya. Website ini menyediakan template gratis dengan berbagai pilihan, untuk menikmati fitur Motionden cukup dengan cara sign-up melalui akun Google, mudah bukan?

4. Video Scribe

Jika kamu ingin membuat animasi sebagai media promosi bisnis, iklan dan video untuk tujuan pendidikan, maka bisa gunakan Video Scribe. Terdapat banyak fitur menarik yang bisa kamu gunakan secara gratis, mulai dari gambar dan suara yang unik. Kamu juga bisa menyimpan hasil video animasi yang dibuat melalui penyimpanan cloud.

5. Animaker

Animaker bisa digunakan membuat video animasi untuk tujuan pembelajaran, cocok digunakan para guru yang ingin menerapkan metode belajar melalui video animasi, memudahkan penyampaian materi pelajaran. Terdapat berbagai fitur yang bisa diolah menjadi sesuatu yang unik dan menarik pada web animasi online ini.

Tips Membuat Video Animasi yang Menarik

Setelah mengetahui situs website untuk membuat animasi online, agar hasilnya lebih menarik. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan, diantaranya menentukan tujuan video animasi yang dibuat, membuat storyboard berupa skrip cerita berbentuk gambar, tambahkan efek dan template sesuai kebutuhan untuk menunjang visual video animasi.

Kemudian hasil video animasi yang sudah dibuat melalui aplikasi web untuk membuat animasi online bisa kamu bagikan ke media sosial, serta bisa digunakan untuk kebutuhan konten, seperti sebagai media promosi bisnis, sebagai opening konten YouTube, dan sebagai media untuk menyampaikan materi belajar di dunia pendidikan.

Demikian rekomendasi web pembuat animasi yang bisa disampaikan, semoga dengan penjelasan diatas bisa memberikan manfaat dan membantu kamu yang ingin membuat video animasi secara online dan gratis. Nantikan update informasi menarik lainnya.

Tagged in: