Seperti yang kita tahu, bahkan hampir seluruh penjuru dunia, YouTube pernah tiba-tiba tidak dapat kita akses. Untungnya, kekhawatiran ini mendapatkan penyelesaian yang cepat. Berkaca pada kesalahan ini, akhirnya pihak Google mengumumkan telah meluncurkan program beta resmi, yang kini kita kenal sebagai YouTube beta.

Sebenarnya, langkah ini bukanlah hal yang baru dari Google. Namun, tetap saja bagi pengguna setia YouTube, ini menjadi sebuah kejutan yang baik.

Sebelum YouTube, program ini pernah diuji cobakan pada aplikasi Gboard dan Chrome. Alhasil, mendapatkan sambutan yang sangat baik dari kedua pengguna aplikasi tersebut.

Lihat pula: Cara Sederhana Blokir Channel YouTube

Apa Itu YouTube Beta?

Program beta atau Pengelola Konten YouTube Studio versi beta, merupakan versi terbaru dari Pengelola Konten saat ini. Kemudian, telah menjadi upaya mendesain ulang antarmuka dan juga mengintegrasi fitur.

Tak hanya fitur saja, program beta ini pun juga dapat mengintegrasi kemampuan serta alur kerja yang baru. Selain itu, Pengelola Konten Studio dengan versi beta ini juga akan menjadi wadah baru guna berbagi alat yang pengguna butuhkan.

Youtube Beta Program
Youtube Beta Program

Terutama dalam mengelola konten maupun hak dalam YouTube. Pada dasarnya, program beta ini ditujukan untuk mereka yang ingin melakukan pengujian fitur eksperimental yang belum dirilis ke dalam bentuk versi final.

Sehingga, setiap pengguna YouTube dapat menguji fitur-fitur baru. Seperti yang dilakukan oleh pengguna aplikasi Gboard maupun Chrome.

Perubahan Terbaru 

Pada YouTube beta ini, terdapat perubahan terbaru yang dapat anda gunakan. Tentu saja, adanya perubahan baru ini dapat menambah pengalaman penggunaan YouTube menjadi lebih baik. Berikut ini adalah perubahan terbarunya.

Daftar yang Diizinkan

Pada daftar yang diizinkan ini, akan memberikan kemudahan bagi anda untuk mengecualikan channel dari pencocokan Content ID.

Aset

Pada perubahan terbaru ini, anda mendapatkan kemudahan untuk mengekspor dan juga melakukan tindakan di beberapa aset. Bukan hanya itu, “Bandingkan metadata” serta “Kebijakan” juga tersedia untuk aset.

Kampanye

Perubahan terbaru berikutnya adalah Kampanye. Kini, anda bisa dengan mudah menggunakan Kampanye untuk membantu anda mempromosikan konten.

Video yang Diklaim

Dengan video yang diklaim ini, anda juga mendapatkan kemudahan untuk mengekspor serta melakukan tindakan terhadap beberapa video yang diklaim.

Izin

Pada perubahan terbaru ini, anda mendapatkan izin untuk mengundang pengguna baru ke Pengelola Konten Studio serta mengelola peran mereka.

Cara Menggunakan YouTube Beta

Program beta ini berlaku untuk seluruh developer aplikasi Android. Dengan kata lain, semua pengguna yang mempunyai perangkat Android dapat menggunakannya.

Untuk dapat menggunakan program ini, anda bisa menggunakan aplikasi YouTube seperti pada umumnya. Dengan program ini anda akan mendapatkan bantuan untuk menyempurnakan dan juga menstabilkan YouTube.

Baik itu untuk semua pengguna maupun para kreator. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan.

Cara Ikut Serta

Cara Bergabung Dengan Program Youtube Beta
Cara Bergabung Dengan Program Youtube Beta
  1. Langkah pertama, silahkan anda login ke akun Google anda
  2. Setelah itu, anda buka halaman “keikutsertaan” pada program pengujian beta atau buka tautan berikut ini https://play.google.com/apps/testing/com.google.android.youtube
  3. Berikutnya, pilih “Menjadi penguji
  4. Langkah selanjutnya, silahkan ikuti petunjuk pada layar agar anda dapat segera menggunakan versi beta

Cara Berhenti Ikut Serta

  1. Langkah pertama, anda login ke akun Google anda terlebih dahulu
  2. Kemudian, buka halaman “berhenti ikut serta” pada program pengujian beta seperti panduan sebelumnya.
  3. Selanjutnya, silahkan pilih “keluar dari program

Perhatian untuk anda, jika berhenti ikut serta dari program Youtube beta ini, maka anda harus memperbarui aplikasi YouTube agar dapat menggunakan versi regulernya.

Tagged in:

,