WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan paling populer bagi seluruh masyarakat Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan nada dering pesan masuknya yang khas, pasti dengan mudah dapat dikenali oleh orang yang ada disekitar kita jika menggunakan ringtone default alias bawaan dari aplikasi WA.

Cara Buat Nada Dering WA Ada Namanya

Lewat tulisan ini, OKE akan memberikan panduan sederhana buat kamu yang ingin mengganti nada dering WhatsApp ada namanya dengan menggunakan suara Google alias teknologi text to speech. Disini, ada dua cara untuk membuat nada dering, pertama menggunakan aplikasi yang harus diinstal di device Android kamu, dan cara kedua cukup membuat nada dering secara online tanpa aplikasi tambahan apapun.

Nada Dering WA dengan Shouter Notification

Cara pertama agar nada dering WhatsApp kamu dapat menyebutkan nama pengirimnya adalah dengan memasang aplikasi Notification Reader: Shouter dari Google Play. Aplikasi ini memungkinkan untuk mengubah pesan notifikasi dari aplikasi seperti WhatsApp untuk dibuat menjadi suara robot yang mirip suara Google Translate. Berikut tahapan lengkapnya jika kamu tertarik menggunakan aplikasi Shouter ini untuk mengubah nada dering bawaan WA:

  1. Install aplikasi Shouter dari Google Play di tautan berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bhkapps.shouter&hl=in&gl=US
  2. Buka aplikasi Shouter dan berikan izin akses notifikasi agar Shouter dapat membaca setiap ada pesan WA yang masuk
  3. Setelahnya, buka pengaturan Android dan cari menu Pengaturan Akses Notifikasi, pilih opsi Enable pada aplikasi Shouter agar aplikasi dapat berjalan sesuai fungsinya
  4. Selanjutnya, buka aplikasi Notification Reader: Shouter, lihat pada bagian Manage Shouts dan klik centang (Enable) pada menu App Notification
  5. Kemudian klik menu Select App dan pilih aplikasi WhatsApp pada daftar aplikasi yang muncul
  6. Selesai, nada dering WA kamu sudah ada namanya setiap ada pesan yang masuk
Pengaturan Di Aplikasi Shouter Notif Reader
Pengaturan di Aplikasi Shouter Notif Reader

Untuk meningkatkan kualitas suara nada dering WA, kamu juga bisa mengubah bahasa suara dengan masuk ke bagian Pengaturan dan klik menu Language untuk mengubah bahasa sesuai yang perangkat kamu gunakan. Kamu juga bisa mengubah gaya bicara dari suara Google tersebut dengan masuk ke menu Voice Settings yang ada di aplikasi Shouter.

Lihat pula: Cara Buat Nada Dering Sendiri dengan Bahasa Jawa

Bikin Nada Dering WA Sendiri tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi Notification Reader seperti rekomendasi diatas, kamu juga dapat membuat nada dering WA sendiri dengan suara Google menggunakan file MP3 yang dibuat dengan teknologi text to speech. Cara paling mudah untuk melakukan ini ialah dengan mendownload suara dari Google Translate menggunakan aplikasi Voice of Text.

Berikut cara mudah download suara Google Translate bahasa Indonesia dengan voice of text untuk membuat nada dering WA:

Buat Suara Google Di Voiceoftext
Buat Suara Google Di Voiceoftext
  1. Siapkan kata-kata yang akan dijadikan nada dering. Jika ingin menyebutkan nama kamu, tuliskan juga nama panggilan kamu di teks tersebut.
  2. Buka Voiceoftext.com dan ketikkan kalimat yang telah kamu siapkan pada kolom yang tersedia.
  3. Tekan tombol Convert to Voice
  4. Klik tombol dengan icon download yang berwarna biru, jika muncul halaman berisi mp3 player, klik icon Play untuk memutar suara, atau klik titik tiga dibagian kanan audio player lalu klik tombol Download untuk mengunduh suara Google dalam format MP3.
Download Nada Dering Suara Google
Download Nada Dering Suara Google

  1. Langkah selanjutnya, buka memori Android kamu, pilih Internal Storage, cari folder Notifications atau Ringtones, lalu pindahkan file MP3 yang telah kamu download tadi ke folder tersebut.
  2. Tahap terakhir, buka aplikasi WhatsApp, klik icon titik tiga di pojok atas aplikasi, pilih menu Settings. Masuk ke menu Notifications dan klik Notification tone, selanjutnya tinggal pilih nama file MP3 yang sudah kamu simpan di folder Notifications tadi.
  3. Selesai, nada dering WhatsApp kamu akan menyebutkan nama panggilan yang kamu masukkan dalam kalimat nada dering.

Solusi MP3 Suara Google tidak Ada di Pilihan Nada Dering WA

Bagaimana jika file MP3 yang sudah kamu unduh tidak ada dalam daftar pilihan nada dering atau ringtone notifikasi WhatsApp? Eits, jangan khawatir dulu, ada cara lain agar kamu bisa menambahkan nada dering WA lewat pegaturan Android.

Menambahkan Ringtone Di Android
Menambahkan Ringtone Di Android

Caranya adalah masuk Settings (Pengaturan), pilih Ringtone pada bagian Sounds and Vibrations, klik tanda plus (+) atau simbol lainnya yang mengisyaratkan kamu untuk menambahkan nada dering dari MP3 sendiri, lalu pilih file MP3 di folder download kamu atau gunakan fitur search untuk menemukan file suara Google yang sudah kamu unduh tadi.

JIka tahap ini sudah selesai, silakan simpan dan tutup jendela pengaturan, maka nada dering buatan kamu sendiri akan berhasil tampil sebagai pilihan ringtone notifikasi di aplikasi WA. Bagaimana, simpel saja bukan membuat nadad dering WhatsApp ada namanya dengan kedua cara diatas? Selamat mencoba dan sampaikan pengalaman Anda saat menerapkannya lewat kolom komentar!