Terpal adalah bahan yang bisa digunakan untuk berkemah, sebagai pelindung dari hujan, badai, dan solusi terbaik untuk melindungi muatan di atas truk terbuka. Namun, tahukah Anda bahwa terpal juga bisa digunakan untuk membuat kolam ikan, lho!

Ya, ada terpal yang bisa digunakan untuk keperluan pembuatan kolam ikan. Membangun kolam ikan dengan terpal lebih murah dibandingkan dengan semen dan sangat bagus untuk digunakan di tanah yang bukan permanen.

Manfaat Membuat Kolam Ikan dari Terpal 

Anda yang mungkin ingin belajar budidaya ikan, cobalah menggunakan terpal sebagai bahan utama membuat kolam. Terpal adalah lembaran polietilen yang kuat dan tebal atau juga bisa dibuat dari zat lain. Terpal sangat tahan air dan bisa digunakan untuk menutupi produk apapun.

Kolam Terpal Plastik Tahan Air
Kolam Terpal Plastik Tahan Air

Ada beberapa manfaat dari membuat kolam ikan dari terpal, yakni:

  1. Lebih Fleksibel

Kolam ikan dari terpal memiliki sifat yang lebih fleksibel dibandingkan kolam yang permanen dari semen. Mengapa? Sebab, jumlah air bisa menyesuaikan diri di dalam kolam. Jumlah air yang perlu Anda ganti juga sangat sedikit dibandingkan dengan kolam dari semen.

Anda yang ingin rutin mengganti air dalam kolam, pasti akan jauh lebih mudah pula kalau menggunakan terpal plastik.

  1. Amonia Mudah Dikelola

Jika ingin berbudidaya ikan mas atau koi, Anda juga akan selalu memiliki kadar amonia. Amonia adalah produk sampingan yang terus-menerus dihasilkan dari kotoran ikan yang tidak dapat dihindari. 

Amonia sebenarnya akan ditemukan di semua jenis kolam, karena zat tersebut dihasilkan selama penguraian sampah organik.  

Nah, Anda perlu menjaga kadar amonia serendah mungkin, sambil juga menjaga kualitas air secara keseluruhan dengan baik dan stabil.  Kolam dari terpal ini lebih mudah dikelola amonianya daripada kolam semen.

  1. Mudah Mengembangkan Bioflok

Bioflok adalah teknologi yang dapat menghasilkan ikan secara signifikan dalam jumlah besar dibandingkan dengan bentuk budidaya tradisional di tambak yang luas. Sistem bioflok sangat aman secara biologis.

Salah satu keuntungan utama dari teknologi budidaya ini adalah hemat air, karena ikan dalam jumlah besar dan diproduksi dengan jumlah air yang relatif lebih kecil. Sistem bioflok memanfaatkan terpal sebagai ekosistem budidaya ikan karena sifatnya yang fleksibel.

Cari terpal untuk kolam ikan? Agenterpal.com solusinya. Dengan beragam pilihan serta kualitas produk yang sudah terpercaya, Agen Terpal Jakarta akan merekomendasikan produk-produk terpal terbaik untuk Anda.

Office: Jl. Mess Dalam No. 6 RT 12/17, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10230
Contact: 021-3160282 / 085643756205

Daftar Harga Terpal Terbaik untuk Kolam

Untuk membuat kolam ikan terbaik, pastikan bahwa terpal harus tebal, minimal tipe A15 dengan lebar dan tinggi yang sesuai. Rangka kolam juga harus terbuat dari jaring besi. Setelah Anda memastikan dua hal itu, barulah Anda bisa membeli terpal kolam. Berapa sih harga terpal untuk membuat kolam ikan?

Tipe Ukuran Harga
Plastik A150,70 x 1,30 x 0,60 mRp. 85.000
Plastik A122 x 3 x 1 mRp. 285.000
A12 Korea1 x 1 x 0,50 mRp. 55.000
PVC 2 x 1 x 0.8 mRp. 650.000
A5 2 x 1 x 0,50 mRp. 60.000
Daftar harga terpal kolam beragam ukuran

Terpal untuk kolam umumnya harus tebal dan memiliki ukuran yang luas dan kelebaran yang cukup, karena sangat diperlukan untuk budidaya ikan komersial. Terpal bisa digunakan untuk membuat tangki jika dirawat dan dikelola dengan baik. Pilih tipe dan ukuran terpal dengan disesuaikan pada budget yang Anda miliki.

Tagged in:

,