Membuat jaket angkatan sebagai seragam yang digunakan siswa satu angkatan secara bersama-sama memang tidak mudah untuk dilakukan. Mulai dari kesepakatan membuat desain yang cocok hingga pemilihan bahan yang pas harus ditentukan secara bersama yang membutuhkan diskusi orang banyak. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda diterapkan dalam membuat desain jaket angkatan.

Tips-tips di bawah ini sangat berguna bagi Anda yang sedang mencari desain jaket angkatan yang elegan.

Tips Merancang Jaket Angkatan

Tentukan Konsep

Sebelum mulai membuat gambar desain jaket angkatan, tentukan dahulu konsep apa yang akan dipakai dalam jaket angkatan Anda. Diskusikan dengan perwakilan masing-masing kelas dalam satu angkatan agar memperoleh kesepakatan bersama. Biasanya perwakilan masing-masing kelas merupakan orang yang dipercaya siswa dalam satu kelas, jadi apa pun keputusannya bisa diterima.

Contoh konsep yang bisa dipakai agar jaket terlihat elegan adalah adanya gambar-gambar tertentu yang terlihat unik atau tulisan-tulisan tertentu.

Catat Konsep

Setelah berunding mengenai konsep, langkah selanjutnya adalah mencatat konsep tersebut dalam selembar kertas. Setelah itu mulailah menentukan warna untuk jaket tersebut. Warna jaket bisa lebih dari satu agar terlihat unik dan lebih menarik. Jika dalam forum diskusi bingung menentukan warna, Anda bisa mencari perpaduan warna yang sudah banyak tersedia di internet.

Tuangkan dalam Media yang Cocok

Memilih media yang cocok untuk mendesain jaket adalah suatu hal yang penting agar hasil desain tidak mengecewakan. Pilih salah satu media yang dikuasai, seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, atau Photoshop. Masing-masing media memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal bagaimana Anda dan rekan Anda ingin menggunakan yang mana.

Tuangkan Desain dalam Template

Dalam membuat desain jaket angkatan agar terlihat elegan, buat desain yang terlihat hidup dan nyata, sehingga konsep desain dapat divisualisasikan dengan baik. Hindari untuk membuat desain yang monoton dan tidak menarik dalam menampilkan contoh.

Buat warnanya secocok mungkin dengan desain yang telah dibuat. Jika tidak cocok, segera lakukan revisi berdasarkan kesepakatan bersama. Mintalah pendapat masing-masing perwakilan mengenai desain yang sudah dibuat sebelum disimpan. Agar anggota kelas lain dapat memilih, buat beberapa varian desain yang bisa dipilih.

Dengan begitu satu angkatan bisa memberikan suara untuk menentukan jaket yang akan dibuat nantinya.

Simpan dan Ubah ke Format JPEG / PNG / GIF

Setelah desain ditentukan secara pasti oleh satu angkatan, maka langkah selanjutnya adalah menyimpannya serta mengubah hasil desain di media dengan format .jpeg / .png / .jpg. Pilih format yang sekiranya cocok dengan media yang Anda gunakan.

Jika Anda dan teman-teman kurang puas dengan desain mandiri yang telah dibuat, bisa menghubungi provider jasa yang akan digunakan seperti Konveksi Jaket Surabaya. Konsultasikan sedikit masalah pada desain jaket tersebut agar bisa diberi sedikit sentuhan oleh ahlinya.

Tagged in:

,