Lifestyle

Diet Mayo Untuk Ibu Menyusui, Aman atau Tidak?

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika ibu setelah melahirkan biasanya akan memiliki bentuk badan yang lebih besar dibandingkan...

Written by Editorial · 1 min read >
Diet Mayo Untuk Ibu Menyusui, Aman atau Tidak (sumber pexels.com)

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika ibu setelah melahirkan biasanya akan memiliki bentuk badan yang lebih besar dibandingkan biasanya. Maka dari itu, tak heran jika mereka ingin segera menurunkan berat badan mereka dalam waktu yang cepat. Diet mayo merupakan salah satu jenis diet yang kerap dijadikan sebagai pilihan dalam hal menurunkan berat badan karena hasilnya yang sudah banyak terbukti. Lalu amankah diet mayo untuk ibu menyusui?

Harus anda ketahui jika banyak dokter spesialis kandungan atau dokter spesialis anak yang tidak menganjurkan bagi seorang ibu yang sedang menyusui untuk tidak melakukan diet mayo. Hal ini disebabkan karena cara yang dilakukan pada jenis diet ini bisa menimbulkan resiko bagi perkembangan bayi.

Resiko Diet Mayo Untuk Ibu Menyusui

Diet mayo memang tidak seharusnya dilakukan oleh ibu yang sedang menyusui. Hal ini dikarenakan diet mayo termasuk jenis diet dengan bentuk pengurangan kalori yang dibutuhkan tubuh lewat pembatasan konsumsi karbohidrat serta garam. Pengurangan ini bisa menjadikan produksi ASI menurun secara drastis sehingga tidak baik untuk bayi. Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah resiko diet mayo untuk ibu menyusui:

1. Bayi Kekurangan Asi

Saat melakukan diet mayo, seorang ibu akan melakukan pembatasan konsumsi kalori bahkan tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali. Ini bisa menyebabkan energi yang diperlukan  tubuh ibu dalam memproduksi asi akan menjadi berkurang. Maka dari itu, secara otomatis jumlah asi yang diproduksi juga akan berkurang juga.

Pada saat kondisi bayi mengalami kekurangan asi maka bisa memberikan dampak secara langsung pada kesehatan dan tumbuh kembang sang bayi. Maka dari itu, ketika anda ingin melakukan diet mayo, sebaiknya anda memikirkan resiko ini.

Informasi ini disponsori oleh: Profesordiet

2. Kondisi Tubuh Ibu Akan Melemah.

Diet mayo termasuk jenis diet ketat yang berat untuk dijalankan. Sebab, makanan yang masuk kedalam tubuh akan diatur, dan ini bisa menyebabkan kondisi ibu menyusui melemah. Sebab, seorang ibu sebaiknya bisa memperoleh kalori yang lebih besar dari pada dengan  wanita pada umumnya.

Berkurangnya kalori pada saat menjalankan diet mayo ini bisa mengakibatkan seorang ibu menjadi kekurangan energi serta tubuhnya melemah. Pada saat kondisi tubuh melemah tersebut maka ibu dapat mudah terkena berbagai penyakit, sehingga dalam mengurusi anaknya akan terganggu.

3. Asupan Nutrisi Ibu Tidak Tercukupi

Diet ketat seperti yang dilakukan saat menjalankan diet mayo bisa memberikan dampak terhadap berkurangnya jumlah makanan. Kemudian, jenis makanan yang dikonsumsi oleh orang yang melakukan diet ini pun juga akan berkurang.

Jika diet mayo ini dilakukan oleh ibu menyusui, maka seorang ibu pastinya akan mengurangi jumlah makanan dan berbagai jenis makanannya. Keadaan yang seperti ini bisa mengakibatkan jumlah asupan nutrisi yang diperlukan oleh ibu menyusui menjadi tidak tercukupi. Dengan mengetahui resiko yang ada, anda bisa memikirkan lagi keamanan dari diet mayo untuk ibu menyusui.