Saat ini hampir seluruh hal bisa dikerjakan secara online. Mulai dari meeting, berkirim kabar hingga berbelanja bisa dilakukan dengan metode daring. Segala hal yang dilakukan dengan online, juga memiliki jangkauan sangat luas. Tidak heran jika makin banyak aplikasi untuk aktivitas harian yang diluncurkan.

Salah satunya aplikasi yang dinaungi pemerintah yakni Keluarga Sehat. Melalui Kementerian Kesehatan, aplikasi ini diharapkan mampu dijadikan wadah bagi fasilitas pada tingkatan pertama persoalan kesehatan keluarga.

Pengajuan Akun Aplikasi Keluarga Sehat

Sebelum bisa mengakses aplikasi mutakhir ini melalui PC maupun Android, Anda perlu melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Dengan begini, maka Anda bisa langsung mengaksesnya dengan mudah dan kapan saja.

Membuat Akun Keluarga Sehat
Membuat Akun Keluarga Sehat

1. Lakukan Pengajuan ke Kementerian Kesehatan

Pada prosedur ini, pihak Dinas Kesehatan setempat perlu mengajukan beberapa nama calon pengguna aplikasi Keluarga Sehat. Pemohon juga perlu mencukupi beberapa informasi yang diperlukan seperti berikut:

  • Nama dan kode puskesmas.
  • Nama lengkap, NIK dan NIP calon SPV, calon administrator, kepala puskesmas dan calon surveyor.
  • Jabatan yang diampu.
  • Nomor ponsel yang bisa dihubungi.
  • Alamat email lengkap.

2. Tunggu Proses Verifikasi Data

Berikutnya Anda bisa menunggu proses verifikasi data selesai dilakukan oleh Pusat Data dan Informasi terkait. Nantinya pihak tersebut bukan hanya akan memverifikasi data dan memberikan akun saja, melainkan juga memberikan panduan lengkapnya.

3. Tunggu Pemberian Akun ke Dinas Kesehatan Setempat

Setelah proses verifikasi data selesai dilakukan, barulah akun yang dibuat akan dikirim ulang ke Dinas Kesehatan pada tingkatan kabupaten atau kota. Dengan demikian, akun tersebut nantinya akan bisa digunakan untuk keperluan kesehatan keluarga.

Cara Pakai Aplikasi Keluarga Sehat via PC

Aplikasi mutakhir dari pemerintah ini bisa diakses dengan mudah dan praktis menggunakan PC maupun laptop. Cocok sekali bagi Anda yang memerlukan informasi mendesak pada tempat pelayanan khusus kesehatan seperti rumah sakit.

  1. Bukalah situs Keluarga Sehat dengan alamat link https://keluargasehat.kemkes.go.id/.
  2. Pilihlah menu berdasarkan regional atau provinsi Anda.
  3. Berikutnya Anda bisa langsung melakukan log in. Isikan username dan password yang dimiliki.
  4. Lanjutkan dengan melakukan penginputan data. Jangan lupa untuk terlebih dahulu mengisikan target surveyor dengan ketentuan berikut:
  5. Pilih target surveyor pada bagian pengaturan. Lanjutkan dengan menambahkan data yang dibutuhkan.
  6. Isikan sasaran wilayah pada bagian pengaturan.
  7. Isikan data RT beserta RW.
  8. Terakhir, Anda bisa langsung mengisi informasi yang diperlukan pada akun surveyor.

Baca juga: Segenap Kelebihan Aplikasi Signal, Alternatif WA Terbaru

Cara Pakai Aplikasi Keluarga Sehat via Android

Tidak hanya menggunakan PC saja, aplikasi mutakhir Keluarga Sehat juga bisa diakses memakai Android. Hanya saja Anda harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu pada perangkat smartphone kesayangan.

Petunjuk teknis [Official]: keluargasehat.kemkes.go.id/Juknis-PISPK-2019.pdf

Unduh Aplikasi

  • Buka perangkat seluler Anda.
  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Pada kolom pencarian, masukkan kata kunci “Keluarga Sehat 2.0” dancari.
  • Pilihlah aplikasi Keluarga Sehat Versi 2.0 yang memuat informasi Pusdatin Kementerian Kesehatan RI.
  • Berikutnya, ketuk “Unduh” atau download.
  • Tunggu sampai aplikasi tersebut selesai diinstal.

Buka Aplikasi dan Lakukan Log In

Untuk log in ke aplikasi ini, Anda perlu mengisikan username dan password yang dimiliki. Jangan lupa pilih tahun yang ingin segera dilakukan pemrosesan data. Jangan khawatir, tampilan halaman Keluarga Sehat sangat gampang dipahami.

Tambahkan Data Keluarga

Jika Anda ingin menambahkan data keluarga, maka cukup ketuk tanda (+) pada sisi pojok kanan bagian bawah. Edit seluruh data yang diinginkan dan pastikan semua informasi yang diperlukan telah diisi dengan benar.  

Isi Data RT

Keluarga Sehat
Keluarga Sehat

Pada bagian ini, Anda bisa langsung mengisikan seluruh data yang dibutuhkan dengan benar. Pastikan Anda sudah mengisi seluruh data informasi yang diminta secara penuh. Berikutnya ketuk opsi ‘Lanjut’ pada bagian pojok kiri bagian bawah.

Isi Data Khusus Pengumpul Data

Lanjutkan dengan mengisikan data surveyor yang diinginkan secara lengkap. Misalnya, nama pengumpul data, nama SPV hingga tanggal dilakukannya survei. Barulah berikutnya Anda bisa mengetuk pilihan ‘Lanjut’. 

Isi Data Anggota Keluarga

Isikan seluruh informasi yang diminta seputar keluarga Anda di rumah dengan lengkap. Misalnya, nama lengkap, hubungan dalam keluarga, tanggal lahir, status pernikahan hingga agama yang dianut. Isikan seluruh data dengan benar. 

Lakukan Pengisian Data Individu dan Unggah

Selanjutnya Anda bisa mengisikan data individu keluarga Anda dengan benar. Pastikan tidak ada informasi yang keliru pada saat pengisian data. Bila perlu Anda bisa melakukan pengecekan ulang terlebih dahulu. Setelah semuanya selesai diisi, maka Anda bisa langsung mengunggahnya.

Tidak sulit menggunakan aplikasi mumpuni Keluarga Sehat. Anda bisa mengakses aplikasi ini baik melalui PC, laptop maupun Android dengan sangat mudah. Hanya saja Anda perlu melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu sebelum bisa mengakses informasi yang dibutuhkan.