Lifestyle

Ekstrak Lidah Buaya, Resep Rahasia Kulit Lembab dan Sehat

Lidah buaya atau Aloe vera berasal dari daratan Afrika. Tanaman ini tidak memerlukan banyak air dan bisa tumbuh subur...

Written by wpinstan · 2 min read >

Lidah buaya atau Aloe vera berasal dari daratan Afrika. Tanaman ini tidak memerlukan banyak air dan bisa tumbuh subur di mana pun. Sejak ribuan tahun silam, manusia memanfaatkannya sebagai penyembuh luka dan pelembap wajah alami. Pun telah diaplikasikan untuk merawat kulit dan menyuburkan rambut.

Tanaman lidah buaya mengandung senyawa aktif, antara lain asam amino, mineral, vitamin, dan Aloe emodin. Zat-zat tersebut menyatu dalam gel Aloe vera. Karena itu, semua masalah kulit dapat diatasi secara sempurna.

Lalu, apa saja manfaat lidah buaya untuk kulit? Simak penjelasan berikut ini.

Menuntaskan Masalah Jerawat

Jerawat membandel pasti membuat Anda kesal. Wajah jadi penuh benjolan, kusam, dan berminyak. Kini, semua itu bisa diatasi secara tuntas dengan menggunakan lidah buaya. Gel tanaman ini mengandung hormon giberelin dan auksin untuk meremajakan kulit. Proses peremajaan itu meliputi penggantian sel rusak akibat jerawat, menjadi sel baru yang lebih segar dan cerah.

Mengatasi masalah jerawat menggunakan lidah buaya, sangat mudah. Caranya dengan mengoleskan gel pada bagian yang terinfeksi. Kalau tidak ingin repot, Anda bisa mencoba kandungan lidah buaya dalam Eclipse Soap Bar. Produk ini aman, nonmerkuri, dan bebas hidrokuinon. Untuk pemesanan, bisa menghubungi kontak nomor di situs eclipse.co.id.

Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit berminyak sering kali menghambat pemakaian kosmetik. Meskipun sudah diaplikasikan secara sempurna, tetap kurang maksimal. Pasalnya, wajah mengilap dan penuh minyak. Problem serupa terjadi pada kulit kering. Polesan make up menjadi sia-sia karena kusam.  

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan masket lidah buaya. Sebagai pelembap wajah alami, lidah buaya mengandung lignin. Zat tersebut berfungsi untuk mencegah dehidrasi pada kulit. Dengan demikian, kulit terasa lembap dan tidak kusam.

Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Jerawat yang meninggalkan noda hitam selalu meresahkan. Benda ini membentuk bulatan tipis di wajah sehingga merusak riasan. Coba bayangkan, jika jumlahnya lebih dari satu. Tentu sangat mengganggu penampilan. Lantas, apakah lidah buaya bisa menghilangkannya?

Lidah buaya mengandung antrakuinon; senyawa dalam gel Aloe vera ini. Antrakuinon dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat, flek hitam, dan mengganti sel-sel kulit mati. Kulit yang mengelupas akibat benjolan tersebut, akan dikembalikan seperti semula.

Melenyapkan Komedo

Komedo adalah masalah kulit wajah yang disebabkan oleh penumpukan kotoran di pori-pori. Bentuk komedo ada dua, yaitu blackhead dan whitehead. Kalau blackhead, mudah dihilangkan. Sebaliknya, whitehead butuh penanganan khusus. Salah satu caranya dengan menggunakan ekstrak lidah buaya.

Tanaman lidah buaya memiliki kandungan asam salisilat yang tinggi. Senyawa ini terdapat dalam gel lidah buaya. Terbukti mampu membunuh bakteri dalam komedo sehingga tidak berkembang menjadi jerawat. Dengan demikian, komedo mudah diangkat dan dibersihkan sampai ke akarnya.

Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Kulit halus dan cerah adalah impian semua orang. Saat ini, banya produk pencerah kulit yang beredar di pasaran. Namun, belum tentu cocok digunakan. Jika ingin aman, gunakan saja gel lidah buaya. Benda ini mengandung vitamin E untuk mengencangkan, menghaluskan, sekaligus membuat wajah semakin cerah alami.

Mencegah Keriput

Penuaan dini pada kulit bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Internalnya adalah keturunan, sedangkan eksternal dipengaruhi oleh paparan sinar matahari. Radiasi yang diberikan dapat menimbulkan keriput di wajah. Selain itu, radikal bebas juga bisa mengakibatkan proses penuaan lebih cepat.

Untuk mencegah dampak tersebut, gunakan masker lidah buaya. Gel tanaman ini tak hanya berfungsi sebagai pembersih wajah alami. Antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu mencegah serangan radikal bebas. Ditambah kandungan vitamin C, E, dan beta karoten, bekerja untuk menghindarkan kulit dari kusam dan kering.

Menghilangkan Ruam

Bercak merah atau ruam sering kali membuat kulit terasa gatal. Jika terkena kuku, bisa menimbulkan infeksi. Coba pakai lidah buaya untuk mengatasi masalah ini. Pasalnya lidah buaya mengandung C-Glukosil yang mampu mengatasi peradangan. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya, ruam tersebut akan berkurang.

Demikian ulasan mengenai kandungan ekstrak lidah buaya dan manfaatnya. Berdasarkan uraian di atas, dapat simpulkan, lidah buaya memiliki dua fungsi sekaligus; pelembap dan pembersih wajah alami. Semoga bermanfaat.

Solusi Tepat untuk Kulit Berjerawat

wpinstan in Lifestyle
  ·   2 min read