Nama Valentino Rossi memang sudah melegenda dalam sejarah MotoGP yang sudah berhasil meraih segudang prestasi di sepanjang kariernya. Jika melihat perjalanan karirnya, sudah banyak motor balap yang dikendarai mulai dari Honda, Yamaha, Aprilia, hingga Ducati. Saat ini motor balap Valentino Rossi yang digunakan yaitu Yamaha YZR-M1.

Motor ini memang didesain khusus dengan spesifikasi yang dapat mendukung Rossi dalam menaklukan lintasan di MotoGP. Namun sayangnya balapan untuk tahun 2020 harus ditangguhkan karena pandemi virus corona yang melanda seluruh dunia. Meskipun balapan tahun 2020 tidak jadi dilakukan, tetap membutuhkan biaya yang besar untuk merancang motor MotoGP Valentino Rossi.

Harga Motor MotoGP Valentino Rossi

Pada dasarnya motor balap MotoGP milik Valentino Rossi didesain khusus dengan menggunakan teknologi yang paling canggih dalam industri per balapan motor. Motor Rossi memang tidak perlu diragukan lagi performa dan spesifikasinya karena diproduksi satu per satu dengan teliti dan hingga pertimbangan yang sangat matang. 

Karena proses produksi motor yang benar-benar diperhatikan agar menghasilkan motor balap dengan performa yang baik, maka tidak heran jika biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan motor balap MotoGP sangat tinggi. Jika motor superbike diperkirakan memiliki harga pasaran sekitar Rp 600 juta – Rp 1,2 miliar, maka harga motor balap MotoGP diperkirakan memiliki harga berkali-kali lipat. 

Untuk bagian pertama motor yang akan diulas yaitu bagian rantai motor. Yamaha YZR-M1 milik Valentino Rossi menurut Neil Spalding, penulis buku MotoGP Technology menggunakan rantai DID ERV3 berukuran 520.

Rantai DID ini dikeluarkan untuk kebutuhan balapan dan diklaim dapat menghasilkan kekuatan daya tarik hingga mencapai 4,3 ton serta dilengkapi dengan fitur X ring untuk meminimalkan gesekan. X ring ini juga sudah dilengkapi dengan seal sehingga rantai DID ERV3 tidak lagi membutuhkan pelumas. Apabila rantai DID ERV3 dicek di situs jual beli online, rantai ini dijual dengan kisaran harga Rp 2,3 jutaan. 

Perkiraan Harga Motor MotoGP Valentino Rossi

Diperkirakan bahwa untuk menghasilkan satu motor MotoGP berperforma tinggi, dibutuhkan biaya hingga 3 juta Euro atau jika dirupiahkan yaitu mencapai Rp 53 miliar. Harga yang sangat tinggi untuk sebuah motor MotoGP. Salah satu faktor yang membuat motor balap Valentino Rossi memiliki harga yang begitu mahal karena mesin yang digunakan.

Untuk mesin saja memiliki kisaran 200 – 250 ribu Euro yang setara dengan Rp 3-4 miliaran. Itu hanya untuk harga mesin, belum ditambahkan dengan harga tangki, suspensi, rangka, lengan ayun, rem dan lain-lain. 

Lihat pula: Melirik Kecanggihan dibalik Tangki Motor MotoGP

Rem motor MotoGP saja membutuhkan biaya yang sangat tinggi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pembalap. Untuk kisaran harga rem depan motor MotoGP mencapai sekitar 70 ribu Euro atau kisaran Rp 1,2 miliar. Harga tersebut merupakan ketetapan batas atas yang telah diatur oleh FIM untuk beberapa komponen motor MotoGP seperti 10 cakram karbon, tiga pasang kaliper, 28 pad, dan tiga silinder. 

Bukan hanya komponen rem dan mesinnya saja yang mahal, komponen kelistrikan yang dibutuhkan oleh motor MotoGP juga sangat mahal seperti panel, kabel, sensor dan lain-lain jika ditotalkan bisa melebihi 100 ribu Euro atau sekitar Rp 1,7 miliar. 

Biaya-biaya tersebut masih belum termasuk biaya perbaikan baik itu untuk servis berkala atau jika terjadi kecelakaan ringan dengan perbaikan rem, pijakan kaki, tuas kopling, dan perbaikan bodi membutuhkan 20 ribu Euro atau sekitar Rp 350 jutaan.

Apabila dibutuhkan untuk mengganti sensor, suspensi, ganti ban, rem, radiator maka biaya yang dibutuhkan dapat mencapai hingga 100 ribu Euro atau sekitar Rp 1,7 miliar. Kerusakan komponen penting motor seperti mesin, rangka, lengan ayun, dan tangki bensin bahkan membutuhkan hingga 500 ribu Euro atau sekitar Rp 8,8 miliar

Spesifikasi Motor Balap Valentino Rossi

Yamaha YZR-M1 milik Valentino Rossi tentu saja sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi yaitu transmisi Six-speed  dengan tipe cassette type gearbox, tenaga yang bisa dihasilkan adalah 239,2 Hp, mesin 1000cc dengan pendingin Liquid, dan ban Michelin 17”.

Suspensi yang digunakan adalah Öhlins shock. Untuk rem depan yaitu Brembo, dengan ukuran 320mm dengan bahan yang digunakan adalah karbon yang pastinya sangat canggih. Velg motor balap Valentino Rossi yaitu Forged Magnesium 17” front and rear, torsi maksimal 176 KW, ECU by Marelli, knalpot Akrapovic, dan berat 157 kg. 

Tagged in: