Penggemar motor retro pasti sudah tidak asing dengan merek Royal Enfield. Di awal bulan November, brand motor asal India ini meluncurkan seri terbaru yaitu RE Meteor 350. Hal yang mengejutkan dari sepeda motor terbaru ini adalah harganya yang setara dengan Yamaha NMAX.

Detail Royal Enfield Meteor 350

Royal Enfield 350 Red
Royal Enfield 350 Red

1. Mesin

Dengan melihat namanya saja, RE Meteor 350 sudah jelas memiliki kapasitas mesin 350 cc. Meskipun dianggap sama dengan para pendahulunya, jenis mesin yang dipakai pada kuda besi yang satu ini tergolong baru.

Royal Enfield menggunakan mesin yang memiliki kode J1D. Kode tersebut belum pernah ditemukan pada sepeda motor RE terdahulu. Dapur pacu ini masih menggunakan pembakaran satu silinder berteknologi SOHC.

Mesin satu silinder di motor ini mampu menghasilkan torsi 27 Nm dan tenaga maksimal 20,2 tenaga kuda. Untuk masalah menjaga performa mesin, Royal Enfield mempercayakannya pada teknologi pendingin udara. Seperti yang digunakannya pada RE Classic 350 keluaran baru.

Seperti sepeda motor pada umumnya, RE Meteor 350 dilengkapi dengan 5 percepatan. Perpindahan antar giginya pun lebih mulus.

2. Desain

Dilihat dari desainnya, Royal Enfield 350 tampak lebih simple namun tetap tampak ‘berisi’. Bahasa desainnya tidak jauh-jauh dari motor RE lainnya yang tetap mengedepankan aliran retro tua. Bentuk bulat mendominasi desain kuda besi yang satu ini.

Beberapa bagian yang tampak jelas memiliki bentuk bulat antara lain tangki bahan bakar, spion, lampu belakang, panel instrumen, dan lampu depan. Sementara bagian jok atau tempat duduk didesain terpisah untuk menonjolkan tema cruiser.

lihat juga: Kumpulan Terbaik Modifikasi Royal Enfield

3. Fitur Tambahan

Sepeda motor ini tidak hanya mengutamakan desain dan mesinnya, fitur-fitur tambahan pun diperhatikan oleh Royal Enfield. Beberapa fitur di bawah ini dihadirkan untuk menciptakan kenyamanan bagi pengendara:

  • Teknologi ABS untuk pengereman.
  • Lampu belakang menggunakan LED.
  • Lingkaran lampu LED di headlamp.
  • USB port untuk mengecas smartphone.
  • Tripper navigation display unit yang dapat terkoneksi dengan bluetooth.

Meskipun Royal Enfield Meteor 350 tergolong sepeda motor entry level atau low end, namun fitur yang dihadirkan jauh dari kata sederhana. Bahkan fiturnya bisa dibilang yang paling lengkap di kelasnya.

Royal Enfield Meteor 350 Render Yellow
Royal Enfield Meteor 350 Render Yellow

Harga Royal Enfield Meteor 350

Royal Enfield meluncurkan 3 varian yang berbeda untuk Meteor 350, berikut ini daftarnya beserta dengan pasaran di India:

  • Royal Enfield Meteor 350 Supernova dibanderol dengan harga 190.000 rupee atau 36,5 juta rupiah.
  • Royal Enfield Meteor Stellar dibanderol dengan harga 181.000 rupee atau 34,9 juta rupiah.
  • Royal Enfield Meteor Fireball dibanderol dengan harga 176.000 rupee atau 33,7 juta rupiah.

Harga RE di atas terbilang cukup murah untuk sekelas sepeda motor retro di Indonesia. Harganya setara dengan Yamaha Nmax namun Anda bisa mendapatkan sepeda motor yang lebih manly.

Apakah RE Meteor 350 Masuk Indonesia?

Ketika dikonfirmasi mengenai masuk atau tidaknya RE Meteor 350 ke pasar Indonesia, pihak Royal Enfield Indonesia belum bisa memberikan jawaban yang jelas. Pihaknya hanya menyampaikan bahwa di 2021 akan meluncurkan 3 hingga 4 produk baru.

Menurut desas-desus yang santer beredar, kemungkinan besar RE Meteor 350 akan masuk ke pasar Indonesia. Namun untuk masalah harganya tidak bisa dijamin akan sama seperti pasaran India.

Menilik versi terdahulu dari Royal Enfield yang masuk Indonesia, seperti RE Classic 500 harga terpaut cukup jauh antara India dan Indonesia. Di India sendiri, sepeda motor ini dijual mulai dari 179.000 rupee atau 34,4 juta rupiah. Sementara di Indonesia harga jualnya mulai dari 90 jutaan.

Mari kita tunggu kabar selanjutnya dari Royal Enfield Indonesia mengenai peluncuran produk barunya di 2021 mendatang.

Tagged in:

,