Pemeriksaan USG bertujuan untuk mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan, selain itu juga membantu mendeteksi kelainan pada kehamilan.  Pemeriksaan USG bisa dilakukan di rumah sakit atau puskesmas.  Berikut ini adalah estimasi biaya USG di Puksesmas yang perlu diketahui.

Kapan Sebaiknya USG Dilakukan?

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai biaya USG, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan USG.  Pemeriksaan USG sendiri idealnya dilakukan tiga kali selama masa kehamilan, yaitu di trisemester pertama, trimester kedua dan ketiga.

Lihat juga: Tempat Swab Test Rekomendasi di Bandung

Pemeriksaan USG pada trisemester pertama dilakukan untuk mengetahui dan mengevaluasi keberadaan janin, ukuran, jumlah hingga lokasi kehamilan pada ibu hamil.  Sementara untuk pemeriksaan USG pada trisemester kedua dan ketiga bertujuan untuk mengevaluasi kondisi janin.

Prosedur Pemeriksaan USG di Puskesmas

Selain mempersiapkan biaya untuk pemeriksaan USG, Anda juga perlu mengikuti serangkaian prosedur dalam melaksanakan USG seperti berikut ini:

  1. Anda akan diminta berbaring di tempat tidur dan bagian perut diolesi dengan gel pelumas yang akan memudahkan pergerakan probe atau alat sensor.
  2. Probe yang sudah disiapkan kemudian digerakkan di atas kulit yang sudah diberi gel untuk melihat bagaimana kondisi janin melalui monitor.
  3. Jika sudah selesai, maka gel akan dibersihkan.
  4. Berdasarkan hasil pemeriksaan USG tersebut maka dokter akan menyarankan tindakan medis tertentu jika ditemukan gangguan atau masalah kehamilan.

Estimasi Biaya USG di Puskesmas

Secara garis besar biaya yang dibutuhkan untuk pemeriksaan USG di Puskesmas bisa saja berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya.  Meski begitu, perbedaan tarif pemeriksaan di beberapa daerah tidak terlalu besar.  Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah biaya untuk USG di Puskesmas dikumpulkan oleh tim dari Ruangperawat.

1. Pasien Umum

Jika dibandingkan dengan biaya pemeriksaan USG di klinik atau rumah sakit, maka biaya yang dibutuhkan untuk pemeriksaan USG di Puskesmas jauh lebih murah.  Hal ini tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi pasien yang memiliki keterbatasan biaya.

Di beberapa kota besar seperti Surabaya, Malang, Jogja, dan Bogor, biaya untuk USG di Pusksesmas berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 50.000.  Selain biaya pemeriksaan, ada tambahan biaya untuk administrasi pendaftaran yang berkisar antara Rp 10.000 – Rp 20.000.

Lihat juga: Tempat Swab Antigen Covid-19 di Jakarta

Besarnya biaya administrasi pendaftaran tersebut bisa sangat bervariasi dan tidak sama antara satu daerah dengan daerah lainnya, tergantung dari ketentuan dan kebijakan masing-masing puskesmas.

2. Pasien Peserta BPJS

Selain persalinan normal di Puskesmas yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan, pemeriksaan USG di Puskesmas juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan.  Ketentuan ini berlaku bagi pasien peserta JKN-KIS atau BPJS Kesehatan.

Dalam hal ini BPJS Kesehatan menanggung semua biaya pemeriksaan USG yang dilakukan atas rekomendasi dari fasilitas kesehatan (faskes) yang telah bekerjasama dengan BPJS.  Dengan adanya kebijakan tersebut maka pasien peserta JKN-KIS tidak dipungut biaya.

Bagi peserta JKN-KIS, pemeriksaan USG di Puskesmas memang gratis sehingga Anda tidak perlu membayar sepeser pun.  Namun untuk mendapatkan fasilitas ini tentunya harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan.

Melakukan pemeriksaan kehamilan dengan USG di puskesmas bisa menjadi pilihan terbaik jika kondisi ekonomi sedang terbatas.  Karena di layanan kesehatan milik pemerintah ini biaya yang dibutuhkan untuk pemeriksaan USG jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pemeriksaan di rumah sakit.

Dengan mengetahui kisaran biaya USG di Puskesmas tersebut, maka Anda bisa mempersiapkan dana yang dibutuhkan untuk keperluan pemeriksaan USG.  Dan jika Anda merupakan peserta JKN-KIS, maka berpeluang mendapatkan fasilitas periksa USG gratis sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.