Informasi ini disampaikan oleh: Solahart Pemanas Air

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tentu seluruh makhluk hidup memerlukan air. Angka pertumbuhan penduduk di Indonesia yang terus bertambah, tentu diimbangi dengan kebutuhan air bersih yang bertambah pula. Sedangkan, kelangkaan air bersih diprediksi akan terjadi di Indonesia pada tahun 2025.

Prediksi tersebut bisa saja terjadi mengingat perilaku masyarakat yang boros dalam memanfaatkan air bersih juga pertumbuhan penduduk yang tidak sebanding dengan ketersediaan air bersih. Untuk mengetahui rata-rata pemakaian air dalam rumah tangga, simak dalam ulasan berikut.

Pemakaian Air dalam Rumah Tangga

Di perkotaan, rata-rata air rumah tangga yang dipakai oleh satu orang adalah 144 liter dalam satu hari. Dan menurut hasil survei oleh Direktorat Pengembangan Air Minum, Ditjen Cipta Karya, Departemen PU tahun 2006, sebesar 45% dari pemakaian tersebut digunakan untuk keperluan mandi yaitu sebesar 60 liter.

Sedangkan kebutuhan pokok minimal air untuk satu orang perharinya adalah 121 liter. Air tersebut digunakan untuk minum, memasak, mandi, mencuci pakaian, keperluan ibadah, dan bersih-bersih rumah. Hal berbeda diungkapkan oleh Poedjastanto bahwa pemakaian minimal air rata-rata per orang di Indonesia adalah 70 liter dalam satu hari.

Beliau juga menjelaskan bahwa survei tersebut dilakukan sebab pola konsumsi air di Indonesia yang belum diketahui informasinya. Sedangkan informasi mengenai pola konsumsi air yang realistis sangat dibutuhkan.

Selain itu, diadakannya survei tersebut merupakan kelanjutan dari PP No 16 Tahun 2005 tentang Pengembangan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum). Dengan SPAM diharapkan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas dapat terpenuhi. Sehingga kesejahteraan masyarakat akan air bersih terjamin.

Faktor yang Memengaruhi Pemakaian Air

  1. Faktor internal
  2. Sosial ekonomi
  3. Sosial budaya
  4. Persepsi
  5. Ibadah
  6. Faktor eksternal
  7. Geografis
  8. Fisiografis
  9. Sumber air
  10. Saniter
  11. PDAM

Cara Menghemat Pemakaian Air

  • Mencuci dalam jumlah banyak

Usahakan jangan mencuci pakaian setiap hari, terlebih jika Anda menggunakan mesin cuci. Sebab limbah air yang dihasilkan dalam mencuci sangat banyak dan akan terbuang begitu saja. Anda dapat mencuci pakaian dalam interval waktu tertentu misalnya 2 hari atau 3 hari sekali.

  • Mewaspadai adanya kebocoran pipa

Kebocoran pipa penyalur air dapat memicu terjadinya pemborosan. Maka lakukanlah pemeriksaan secara berkala dan jika hal ini terjadi segeralah untuk memperbaikinya.

  • Mematikan keran air

Lupa mematikan keran adalah suatu hal yang sering terjadi di rumah. Air akan terbuang sia-sia karena keran air yang terus terbuka dan mengeluarkan air. Jika Anda tidak ingin terjadi pemborosan air, Anda dapat memanfaatkan ponsel sebagai pengingat saat Anda mengisi bak penampungan air.

Berdasarkan ulasan di atas pemakaian air rumah tangga dalam sehari terbilang cukup banyak. Jika hal tersebut terus terjadi, besar kemungkinan prediksi akan kelangkaan air bersih benar-benar terjadi. Maka, dalam menggunakan air sikap bijak dan hemat sangat diperlukan.

Tagged in:

,