Kalimantan terkenal dengan melimpahnya sumber daya alam yang dihasilkan oleh hutan hujan tropis. Tidak heran jika masyarakat setempat senantiasa memanfaatkan berbagai macam sumber daya alam tersebut. Salah satu yang cukup populer ialah kerajinan dari getah nyatu. Pemanfaatan ini sangat baik untuk tetap menjaga sekaligus melestarikan kekayaan hutan hujan tropis Kalimantan.

Getah Nyatu

Bukan tanpa alasan jika masyarakat setempat memanfaatkan getah nyatu sebagai bahan kerajinan tangan yang begitu khas. Pohon nyatu yang tumbuh di tengah hutan tropis Kalimantan ini mempunyai kemampuan untuk terus tumbuh dan berkembang biak dalam waktu singkat. Pohon yang dapat dimanfaatkan getahnya ini bisa tumbuh hingga 8 meter dalam kurun 6 bulan saja.

Enam bulan adalah waktu yang sangat singkat bagi tumbuhan untuk meninggi. Akan tetapi, tidak dengan pohon nyatu. Waktu pertumbuhannya sangat mengagumkan. Dengan demikian, maka kelestarian pohon ini akan senantiasa terjaga. Pemanenan pohon nyatu pun telah mendapatkan persetujuan dari ketua adat setempat. Masyarakat tinggal memanennya saja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Kerajinan Tangan dari Getah Nyatu

1.      Miniatur Kapal

Hasil kerajinan tangan paling populer dari getah nyatu ialah miniatur kapal. Jika tidak benar-benar mengetahuinya, maka hasil kerajinan ini nampak begitu mirip dengan kerajinan berbahan kayu secara umum. Getah nyatu bisa digunakan sebagai bahan baku miniatur kapal yang begitu cantik. Walaupun keduanya memiliki waktu proses yang cukup lama, akan tetapi getah nyatu jauh lebih memudahkan.

Perahu dari Getah Nyatu
Perahu dari Getah Nyatu

Jika kerajinan tangan dari kayu memerlukan lem sebagai perekat, akan tetapi tidak demikian dengan getah nyatu. Kerajinan tangan yang terbuat dari getah pohon nyatu yang ditebang di daerah tengah hutan Kalimantan ini tidak lagi memerlukan perekat. Untuk menempelkan bagian-bagian miniatur kapal, pengrajin hanya perlu mencelupkannya dengan air panas.

2.      Gantungan Kunci

Tidak hanya bagus digunakan sebagai bahan baku miniatur kapal, getah nyatu juga sering digunakan sebagai material gantungan kunci. Biasanya gantungan kunci dari getah pohon nyatu ini banyak dicari oleh para pelancong yang berkunjung ke Kalimantan. Gantungan ini sangat khas sehingga tidak dapat ditemukan di tempat lainnya.

3.      Pajangan

Jenis kerajinan tangan berbahan getah nyatu berikutnya ialah pajangan. Biasanya berbentuk lukisan berbingkai yang begitu artistik. Pajangan yang terbuat dari getah nyatu ini sudah banyak dipamerkan di berbagai macam acara. Salah satunya saat pameran seni di Kalimantan Tengah. Sebuah pajangan dari getah nyatu berhasil terjual dengan harga satu setengah juta rupiah.

Kerajinan dari Getah Nyatu
Kerajinan dari Getah Nyatu

Kerajinan getah nyatu memang merupakan kerajinan eksotis yang terus eksis di Kalimantan. Sebagai sumber daya alam yang banyak dijumpai di daerah setempat, getah nyatu tentu bisa memberikan karya seni bernilai tinggi dan begitu khas. Ada begitu banyak jenis kerajinan getah nyatu yang bisa Anda miliki seperti miniatur kapal, pajangan hingga sekadar gantungan kunci.

Tagged in:

,