Sudah menjadi rahasia umum bahwa menjual kembali barang-barang dari China akan sangat menguntungkan. Alasan utamanya adalah produk-produk made in China memiliki harga yang sangat rendah dibandingkan dengan tempat lain di dunia. Hal inilah yang menghadirkan peluang fantastis bagi para penjual.

Dengan mengambil barang dagangan Anda langsung dari China, Anda bisa mendapatkan harga yang sangat rendah per unit dan mengubahnya dengan untung besar di Tanah Air. Namun, bagaimana cara menemukan distributor barang China yang murah? Ini dia jawabannya.

Cara Mencari Distributor Barang China

Jika Anda sudah memikirkan jenis produk yang akan Anda jual, tugas selanjutnya adalah menemukan pemasok China yang menawarkan harga rendah. Berikut kiat-kiatnya:

Gunakan Direktori Distributor/Supplier

Menggunakan direktori supplier online merupakan salah satu cara teraman untuk menemukan supplier. Salah satu dengan aplikasi “Bossku”. Aplikasi karya anak bangsa ini bisa Anda gunakan untuk mencari pemasok produk China dengan mudah dan cepat. Anda bisa memfilter hasil pencarian berdasarkan spesifikasi persis yang Anda butuhkan, seperti kategori produk atau jarak terdekat dari lokasi Anda.

Hadiri Pameran Dagang

Saat menghadiri pameran dagang, Anda dapat berbicara langsung dengan pemasok tentang:

  • Nilai-nilai perusahaan pemasok
  • Produk pemasok
  • Kapasitas produksi
  • Prosedur kontrol kualitas

Ada dua pameran dagang yang sangat populer di China, yaitu:

  • Canton Fair: pameran dagang terbesar di Tiongkok yang diadakan dua kali setahun di Guangzhou (dekat Hong Kong di Cina selatan). Pameran ini menarik ribuan peserta dengan berbagai macam produk.
  • East China Fair: pameran dagang regional terbesar di Cina, yang diadakan setahun sekali di Shanghai. Pameran ini biasanya memiliki jumlah pedagang paling banyak.

Marketplace China

Salah satu marketplace China yang paling populer adalah Alibaba. Platform marketplace ini berfokus pada Business to Business (B2B), yang merupakan tempat berkumpulnya para distributor China. Namun, Alibaba bukan platform yang mudah jika Anda adalah seorang pemula.

Sebagian besar daftar dibuat oleh produsen, bukan pemasok, yang biasanya tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik dan tidak memiliki situs web. Pesanan juga harus dibayar dengan transfer, bukan kartu kredit. Beberapa tips untuk memilih distributor di Alibaba adalah:

Cari Akun yang Terverifikasi

Alibaba mengkategorikan akun member menjadi beberapa macam sebagai berikut:

  • A&V: telah lulus pemeriksaan keorisinilan/keaslian produk
  • Onsite Check: tempat distributor yang berbasis di China telah diperiksa oleh tim Alibaba untuk memastikan bahwa tempatnya benar-benar ada.
  • The Assessed Supplier Check: supplier telah diverifikasi oleh pihak ketiga.

Cek Review

Tingginya angka penjualan tidak menjamin bahwa supplier tersebut bagus. Untuk itu, rajinlah membaca review dari para konsumen, baik foto maupun komen terburuknya.

Pesan Sampel Produk

Tiga keuntungan memesan sampel produk adalah:

  • Anda akan mengetahui berapa lama waktu pengiriman
  • Anda bisa mendapatkan gambaran tentang kualitas packing, sebagai pertimbangan apakah pelanggan Anda akan puas atau tidak saat menerima paket.
  • Dapat mengetahui kualitas produk

Mencari distributor barang import China murah memang bukanlah tugas yang mudah. Namun dengan pengetahuan dan tips-tips yang tepat, Anda memiliki lebih banyak peluang untuk menemukan distributor bagus dan mendapatkan produk-produk berkualitas tinggi dengan harga murah.