Produk Bisnis

Mengenal Mesin Reverse Osmosis dan Jenis-Jenis Pompanya

Sama seperti oksigen, air merupakan kebutuhan pokok manusia. Tanpa air, kita tidak akan bertahan hidup. Kegunaannya sangat mengakar di...

Written by Editorial · 1 min read >
mesin reverse osmosis tirtamandiri

Sama seperti oksigen, air merupakan kebutuhan pokok manusia. Tanpa air, kita tidak akan bertahan hidup. Kegunaannya sangat mengakar di setiap kegiatan sehari-hari. Bicara mengenai air, tentu yang banyak dibutuhkan ialah air yang bersih dan bebas dari kotoran fisik, kimia, maupun mikrobiologi.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat cara untuk memperoleh air bebas kontaminan tersebut semakin mudah. Mesin Ro Reverse Osmosis contohnya. Apa sih itu? bagaimana cara kerjanya? berikut penjelasan lengkapnya,

Apa Itu Mesin RO Reverse Osmosis?

Yakni mesin dengan teknologi filter RO yang sejak dulu digunakan NASA untuk mendapatkan air minum bagi para astronot di luar angkasa. Air yang diperoleh sangat bersih, higienis, bebas kontaminan, bahkan mendekati murni. 

Itulah mengapa NASA menggunakan mesin RO (Reverse Osmosis) untuk mendapatkan air bersih saat pasokan air di luar angkasa terbatas. Kini Mesin Ro banyak digunakan di berbagai industri sebagai alat pengolah air. Bahkan, Ro juga digunakan oleh beberapa negara untuk mengolah air bersih dan air minum.   

Bagaimana Cara Kerja Mesin RO?

Mesin RO bekerja menggunakan teknologi canggih yang memiliki kemampuan untuk memurnikan air. Ia dilengkapi dengan membran dengan pori-pori sangat kecil mencapai 0,0001 mikron. Hal inilah yang membuat air murni bisa tersaring dengan efektif. 

Membran semi permeable dalam mesin Ro akan diberi tekanan yang menyebabkan air masuk ke dalamnya. Melalui pori-pori membran tersebut, air akan tersaring dari berbagai kontaminan fisik (logam), kimia (mineral), bahkan mikrobiologi yang ukurannya di atas 0,0001 mikron. 

Kontaminan nantinya akan memenuhi filter membran. Sedangkan air yang tidak lolos membran akan dibuang (air reject). Air bersih yang dihasilkan bisa digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari, bahkan bisa dikategorikan sebagai air siap minum.

Jenis Pompa pada Mesin Ro

Mesin canggih ini punya beberapa jenis pompa. Masing-masing memiliki fungsi berbeda. Beberapa di antaranya adalah,

Mesin Ro untuk air tawar

Untuk pengolahan air tawar, pompa Ro yang digunakan ialah pompa dengan tekanan yang rendah (40 psi – 150 psi). Pompa bisa Semi Jet hinga Multistage Vertical, tergantung dari jenis membran dan desain mesin. Pompa air tawar banyak dipakai oleh depot pengolahan air minum.

Mesin Ro untuk air payau

Air payau  memiliki kontaminan yang cukup tinggi dibandingkan air tawar. Selain itu juga terdapat kandungan kapur dan garam di dalamnya. Itulah mengapa, pompa yang digunakan akan bertekanan tinggi mulai dari 125 psi hingga 175 psi. Dengan tujuan membran bisa bekerja secara maksimal. 

Mesin Ro untuk air laut

Partikel dan kandungan dari air laut sangat kompleks. Tekanan yang diperlukan untuk mengolahnya menjadi air minum sangatlah besar bahkan mencapai 750 hingga 900 psi. membran yang digunakan ialah SWRO atau RO air laut. 

Mesin Ro merupakan wujud dari kecanggihan teknologi yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Mesin ini bisa digunakan untuk berbagai bidang mulai dari demineralisasi farmasi, desalinasi, air minum isi ulang, air boiler, hingga air minum rumah tangga. Apakah Anda salah satu pengguna mesin Ro ini?