Lifestyle

Ini Beberapa Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Sering mendengar istilah pascabayar dan prabayar? Sebenarnya apa perbedaan prabayar dan pascabayar secara umum, adalah jika prabayar kartu yang...

Written by Editorial · 1 min read >
sim card prabayar dan pascabayar

Sering mendengar istilah pascabayar dan prabayar? Sebenarnya apa perbedaan prabayar dan pascabayar secara umum, adalah jika prabayar kartu yang digunakan harus di isi pulsa terlebih dahulu agar bisa di pakai, Sedangkan pascabayar di pakai terlebih dahulu baru dibayar. Jadi perbedaan utamanya terletak pada sistem pembayaran dimana jika Prabayar kita diharuskan membayar duluan, seperti ketika membeli token listrik atau membeli pulsa telepon. Ketika token atau pulsa sudah kita beli dan sudah terisi maka kita baru bisa langsung menggunakannya atau menikmati layanan yang ada. Jadi pengertian gampangnya prabayar adalah sesuatu yang harus kita bayar di awal.

Namun setiap provider memeliki ketentuan yang berbeda-beda untuk pascabayarnya. Contoh kadang ada provider yang memberikan layanan yang harus membayar terlebih dahulu setiap awal bulan.

Untuk kamu yang masih bingung mengenai beda kartu prabayar dan pascabayar maka bisa menyimaknya dibawah ini. Contoh kartu prabayar adalah kartu yang biasa kamu gunakan sehari-hari yang biasa di isi pulsa dan paket data. Untuk lebih jelasnya simak perbedaannya berikut ini:

  • Kartu prabayar harus di isi pulsa agar bisa digunakan
  • Kartu pascabayar bisa digunakan tanpa harus mengisi pulsa
  • Kartu pascabayar harus membayar tagihan sesuai pemakaian atau harga paket yang di pilih
  • Kartu prabayar banyak pilihan promo paket
  • Kartu pascabayar paket ada yang unlimited dan limited

Secara umum diatas adalah sedikit mengenai perbedaan anatara kedua layanan tersebut. Namun seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, setiap provider kartu memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Jadi pastikan kamu membaca nya terlebih dahulu sebelum berlangganan.

Kartu prabayar sangat cocok untuk orang yang tidak bisa mengontrol pemakaian pulsa, karena jika pulsa habis maka otomatis kartu tidak bisa digunakan untuk menelpon dan mengirim sms. Selain itu harga pulsa juga terbilang cukup bervariasi, kamu bisa membeli sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan pascabayar sangat cocok untuk orang yang keperluan mobilitasnya tinggi yang tidak harus selalu melakukan pengisian pulsa. Dan tentunya harga untuk layanan ini cukup mahal dan biasanya harus melakukan langganan beberapa bulan tergantung dari ketentuan provider kartu. Apapun pilihannya baik prabayar ataupun pascabayar, pastikan smartfren 4g providernya.