Lifestyle

Ini Pilihan Ukuran Serta Kedalaman Kolam Renang yang Ideal untuk Pribadi

Hampir setiap orang mendambakan kolam renang pribadi yang nyaman terlebih lagi bagi mereka yang suka berenang namun tidak terlalu...

Written by Editorial · 1 min read >
kolam renang rumah pribadi

Hampir setiap orang mendambakan kolam renang pribadi yang nyaman terlebih lagi bagi mereka yang suka berenang namun tidak terlalu menyukai keramaian karena merasa kurang nyaman. Tentu saja tidak ada salahnya membangun kolam renang pribadi di rumah apabila memiliki ketersediaan lahan dan dana yang cukup. 

Namun terkadang kesalahan yang sering terjadi yaitu asal memilih ukuran kolam renang tanpa melakukan pertimbangan terlebih dahulu. Hal ini akhirnya membuat tampilan area kolam renang menjadi kurang menarik dan mengganggu kenyamanan saat berenang. Maka dari itu penting untuk memilih ukuran kolam yang tepat. 

Ukuran Ideal Kolam Renang Pribadi

Umumnya desain kolam renang pribadi memiliki ukuran yang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada beberapa faktor salah satunya yaitu luas area lahan rumah yang akan digunakan untuk konstruksi kolam renang. Tentu saja anda tidak ingin ukuran kolam renang tidak sesuai dengan luas area entah itu terlalu kecil, posisi yang tidak sesuai, dan lainnya sehingga mengurangi nilai estetika rumah.

Apabila lahan yang anda miliki cukup kecil maka lebih baik anda membangun kolam renang dengan ukuran yang sesuai dengan luas lahan yang anda miliki. Jangan memaksakan ingin kolam renang yang besar padahal lahan tidak mencukupi. Anda bisa menyiasati sekeliling kolam renang dengan hiasan yang menarik sehingga tampilan area akan lebih bagus.

Anda juga harus mempertimbangkan kenyamanan saat bergerak agar berenang menjadi lebih nyaman. Ukuran kolam renang memang harus disesuaikan dengan luas lahan kosong yang tersedia, namun anda juga dapat mengikuti standar minimal ukuran kolam renang minimalis yaitu 6 x 2 meter dengan minimal luas lahan yaitu 8 x 2 meter. 

Namun banyak juga kolam renang pribadi yang tidak mengikuti standar dengan ukuran yang sering digunakan yaitu 3 x 7 meter, 3 x 8 meter, 3,5 x 10 meter, 4 x 10 meter, dan 5 x 12 meter. Bentuk kolam yang anda gunakan lebih baik memanjang. 

Apabila lahan tidak cukup, anda dapat memilih jenis kolam renang berarus sehingga memberikan efek seolah-olah arus dari penggunanya bergerak padahal merupakan arus air. Jangan lupa untuk menyesuaikan layout kolam renang dengan konsep rumah yang diinginkan agar sesuai. Maka dari itu anda harus membuat perencanaan yang matang.

Bukan hanya ukuran panjang dan lebar kolam renang, anda juga harus memperhatikan kedalaman kolam renang. Umumnya kedalaman orang dewasa berkisar antara 1,2 meter hingga 2 meter. Namun apabila anda memiliki anak-anak di rumah, bisa membuar sebagian sisi kolam renang atau kolam renang terpisah untuk anak anda dengan kedalaman sekitar 0,5 meter

Lihat pula: Jasa Pembuatan Kolam Renang

Untuk lahan yang terbatas, banyak orang lebih memilih membuat kolam renang dengan dua tingkat kedalaman di mana sisi samping untuk anak-anak dan sisi lainnya yaitu untuk orang dewasa. Jadi tidak harus menyediakan lahan khusus untuk membangun kolam renang dewasa dan anak-anak secara terpisah. 

Setelah itu, anda juga harus memperhatikan ketinggian permukaan lantai. Apabila memiliki pool deck, usahakan pool deck atau teras kolam lebih tinggi dibandingkan kolam renang untuk menjaga keselamatan keluarga dan memberikan kenyamanan saat berenang. Hal ini juga membuat air kolam tidak mudah tumpah ke area luar kolam. 

Pastikan untuk mengukur luas lahan dan luas area kolam renang yang diinginkan dengan teliti dan seksama agar tidak salah saat membangun kolam renang pribadi. Hal ini karena kolam renang bersifat permanen. Anda pasti tidak ingin salah memilih ukuran kolam renang yang akan membuat desain rumah menjadi tidak indah.