Mengubah sebuah tulisan menjadi suara seperti anak kecil sekarang bisa dilakukan dengan memakai situs bernama Voicemaker. Situs tersebut akan membantu kita mengubah tulisan menjadi suara-suara tertentu yang terdengar lebih nyata.

Dengan teknologi mesin Neural TTS (NTTS) & Standered TTS, Artificial Intelligence (AI) & Machine Learning (ML), mereka mampu menciptakan suara manusiwi yang mirip dengan manusia.

Sound of Text Suara Anak Kecil dengan Voicemaker

Voicemaker menyediakan beragam jenis suara AI, berjumlah dekitar 600 lebih pilihan dan tersedia dalam 70 bahasa. Salah satu jenis suara yang bisa dipakai adalah suara anak kecil atau bayi.

Kita bisa memilih mau memakai suara anak kecil perempuan atau laki-laki. Berikut ini adalah cara membuat sound of text memakai suara anak kecil:

  1. Buka situs Voicemaker: https://voicemaker.in
  2. Lalu masukkan kata-kata yang ingin disuarakan. Di atas kolom tempat kita memasukkan text, ada fitur-fitur menarik yang bisa kita pakai agar suara terdengar seperti asli. Penjelasannya akan kami sertakan di bawah
  3. Setelah menambahkan text, Anda scroll ke bawah lalu pada AI Engine, pilih yang ‘Neural TTS’
  4. Pada bagian Language and Region, pilih bahasa yang ingin Anda pakai
  5. Lalu di bagian Voice, pilih ‘Justin, Male (child)’ untuk memakai suara anak laki-laki. Atau ‘Ivy, Female (child) untuk suara anak perempuan
  6. Kemudian klik ‘Convert to Speech’ untuk mendengarkan kira-kira audionya akan terdengar seperti apa
  7. Jika sudah puas dengan hasilnya, klik ‘Downlad MP3’, otomatis suara tadi tersimpan di folder Anda

Agar suaranya makin mirip dengan suara anak-anak (bukan robot), manfaatkanlah fitur-fitur pendukung suara.

Cara Sound of Text BTS Bahasa Korea Suara Google

Sound ini nanti bisa Anda jadikan ringtone/nada dering ataupun hal lainnya. Anda bia mengetikkan kata-kata manis, kata-kata pengingat, dan lain-lain.

Berikut adalah caranya:

  1. Masuk ke situs voiceoftext.com
  2. Lalu masukkan kata-kata yang mau diucapkan. Maksimal adalah 200 karakter. Anda bisa menulis menggunakan huruf abjad Korea (Hangeul) atau Romanization (sistem alih aksara untuk Bahasa Asia Timur, salah satunya Korea agar lebih mudah dipahami dan dibaca)
  3. Contoh Hangeul: “차기 야
  4. Contoh Romanization: “Chagiya
  5. Setelah memasukkan teks Korea, lalu klik ‘Convert to Voice’
  6. Tidak lama kemudian akan muncul logo download MP3
  7. Klik logo tersebut untuk mendegar suaranya terdengar seperti apa
  8. Jika sesuai keinginan Anda, kilk titik tiga pada audio, lalu tekan ‘Download’
  9. Otomatis file pun tersimpan ke memori Anda

Selain menyediakan suara Google untuk Bahasa Korea, ada juga untuk jenis suara Bahasa Indonesia, Sunda, Jawa, Arab, Inggris hingga Jepang.

Suara yang dihasilkan nanti bisa kalian pakai untuk kebutuhan yang banyak. Misalnya untuk mengisi suara dubbing video, podcast, suara penyiar dalam video, voicenote dan bisa dipakai untuk ringtone HP.

Dulunya Sound of Text hanya tersedia untuk suara robot saja, tapi sekarang bisa memakai berbagai suara yang lebih manusiawi. Misalnya suara anak kecil, suara-suara dari tokoh-tokoh dunia, meniru suara kartun, suara anime, suara karakter dalam game, tokoh fiksi dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Sound of Text dari Suara Doraemon

Sound Of Text Doraemon
Sound Of Text Doraemon

Sebelum itu, siapkan dulu kalimat yang mau disuarakan. Wajib memakai Bahasa Inggris, jika kalimat masih memakai suara Doraemon Bahasa Indonesia, Anda harus mentranslatenya terlebih dulu.

  1. Buka situs Vocodes dengan link berikut: https://vo.codes/
  2. Kemudian masukkan teks yang mau Anda ubah menjadi suara atau MP3. Maksimal kata yang bisa dimasukkan adalah 500 kata
  3. Agar mudah mencari suara Spongebob dalam daftar jenis suara karakter, Anda dapat mengubah menu ‘Random Speakers‘ menjadi ‘Cartoons & Anime
  4. Kemudian pada menu ‘Speaker Info‘, cari suara Spongebob atau yang mirip dengan Doraemon seperti ‘Mr. Krabs‘. Setelah Anda memilih suara, di bawahnya akan muncul gambar dari sosok yang menjadi speaker sound of text Anda 
  5. Lalu klik ‘Speak
  6. Secara otomatis, suara akan keluar. Untuk mendapatkan suar Spongebob dalam format MP3,

Selanjutnya, Anda tinggal membuka situs tersebut, klik ikon ‘Mic’ yang berwarna merah, dan otomatis segala suara yang masuk ke HP akan direkam voice recorder tersebut.

Setelah memperoleh rekaman suara Spongebob, Anda dapat melakukan editing karena suara yang terekam susunannya masih berantakan.

Pasang Nada Dering Sound of Text🙏 WA

Setelah memperoleh file mp3-nya, berikutnya pemasang nada dering ke WA:

Menambahkan Ringtone Di Android
Menambahkan Ringtone Di Android
  1. Masuk ke aplikasi ‘File Manager‘ atau ‘My Files
  2. Kemudian klik ‘Internal Storage‘ atau ‘Penyimpanan Internal’
  3. Cari folder bernama ‘Notifications
  4. Kemudian pindahkan file mp3 yang mau dijadikan nada dering ke folder ‘Notifications‘ tersebut. Cara ini akan membuat file mp3 muncul di daftar nada dering di aplikasi WhatsApp
  5. Lalu sekaramg kita ganti buka aplikasi WhatsApp
  6. Masuk ke menu ‘Pengaturan
  7. Klik ‘Notifikasi
  8. Nantinya akan muncul beberapa kategori notifikasi dari tiap-tiap nada dering yang mau diatur. Ada pesan pribadi, pesan grup, panggilan dan video call
  9. Klik ‘Nada Notifikasi
  10. Kemudian pilih file mp3 yang baru saja Anda pindahkan tadi

Dengan begini, selesai sudah langkah-langkah membuat nada dering sound of text🙏 WA memakai suara orang BTS Korea, suara Google anak bayi, hingga suara Google anime seperti Spongebob dan Doraemon. Selamat mencoba di ponsel Android kamu masing-masing dan semoga berhasil!

Tagged in:

,