Lifestyle

Kenali Tanda Merkuri dalam Produk Kecantikan Anda

Merkuri tergolong ke dalam logam berat yang biasa digunakan sebagai bahan industri serta dilarang penggunaannya pada manusia. Zat ini...

Written by wpinstan · 2 min read >

Merkuri tergolong ke dalam logam berat yang biasa digunakan sebagai bahan industri serta dilarang penggunaannya pada manusia. Zat ini bisa mengakibatkan kerusakan beberapa kerusakan jaringan dan organ tubuh manusia. BPOM dan WHO dengan tegas melarang keberadaan merkuri pada kosmetik. Meski demikian, masih saja ditemukan kandungan merkuri dalam produk kecantikan yang beredar di pasaran. Hal ini membuat kita harus waspada dan selektif dalam menentukan produk yang akan digunakan. Misalnya, pilih pembersih wajah alami untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak.

Demi keuntungan, para pedagang nakal mencampurkan merkuri dalam kosmetik mereka tanpa memikirkan bahaya yang akan menimpa konsumen. Merkuri memang bisa mengubah kulit menjadi putih dalam waktu singkat. Namun, pemakaian dalam waktu lama akan berimbas buruk pada kulit bahkan dapat berujung pada kematian.

Meski bahaya kosmetik bermerkuri telah disebarluaskan, masih ada banyak wanita yang tidak peduli terhadap dampak yang bisa ditimbulkan. Keinginan untuk memiliki kulit putih dengan instan merupakan penyebab mengapa para wanita tidak mengindahkan larangan tersebut. Berikut adalah dampak buruk yang diakibatkan merkuri pada kesehatan.

  • Muncul kemerahan dan rasa gatal pada kulit

Gejala ini merupakan dampak paling ringan dari pemakaian kosmetik bermerkuri. Segera hentikan pemakaian kosmetik jika Anda mengalami iritasi kulit seperti ini.

  • Warna kulit berubah pucat

Tanda ini bisa Anda lihat pada orang yang memakai krim whitening yang mengandung merkuri. Dalam waktu singkat, kulit akan mengalami pengelupasan dan berubah menjadi lebih cerah dan halus. Namun, warna cerah ini akan tampak pucat dan tidak segar.

  • Timbul flek hitam pada wajah

Produk pemutih bermerkuri akan membuat wajah Anda menjadi lebih cerah dalam sekejap. Namun, produk ini akan mengakibatkan ketergantungan, jika berhenti kulit Anda akan menjadi kusam serta timbul flek hitam.

  • Terjadi kerusakan pada lapisan kulit

Selain bisa merusak lapisan kulit terluar (epidermis), penggunaan kosmetik bermerkuri juga akan membuat kulit menjadi tipis yang tentunya akan membahayakan kesehatan.

  • Mengakibatkan kerusakan pada saraf

Jika penggunaan kosmetik bermerkuri ini diteruskan, akan merusak saraf tubuh Anda. Misalnya, halusinasi, tremor, gangguan saraf motoris, kecemasan, gugup, gelisah, dan gangguan lainnya.

  • Mengakibatkan bayi keguguran atau terlahir cacat

Pemakaian kosmetik bermerkuri pada ibu hamil juga berbahaya pada janin yang dikandungnya. Merkuri bisa menghambat perkembangan bayi dalam kandungan dan dapat berujung pada keguguran. Jika tidak, pada kondisi ini persentase bayi terlahir cacat sangat tinggi. Oleh sebab itu, bagi wanita hamil perlu memperhatikan kandungan kosmetik yang digunakannya. Hindari bahan-bahan berbahaya seperti merkuri agar bayi Anda terlahir sehat sempurna.

  • Mengakibatkan kerusakan hati dan ginjal

Hati dan ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai penetral racun. Merkuri adalah racun yang wajib dinetralkan dalam tubuh. Penggunaan kosmetik bermerkuri akan membuat hati dan ginjal bekerja sangat keras. Jika hal ini terus berlangsung, hati dan ginjal akan mengalami kerusakan. Keberadaan merkuri pada jaringan kulit juga berpotensi besar mengakibatkan kanker kulit.

Berbagai dampak negatif tersebut membuat Anda harus waspada terhadap produk yang mengandung merkuri. Untuk mengenali kandungan merkuri dalam suatu produk dibutuhkan pakar dan peralatan yang sesuai. Namun, ada beberapa tanda yang umumnya ditemukan pada produk bermerkuri. Berikut merupakan ciri-ciri krim pemutih bermerkuri.

  1. Produk memiliki tekstur yang lengket.
  2. Krim tampak kasar dan jika didiamkan bagian padat akan terpisah dengan minyak.
  3. Untuk menutupi bau merkuri, produk diberi wewangian yang kuat. Meski demikian, jika Anda menciumnya secara saksama, bau merkuri masih bisa tercium sebagian.
  4. Pewarna yang digunakan biasanya merupakan pewarna tekstil sehingga terlihat mencolok.
  5. Jerawat meradang tidak akan muncul sama sekali, hal ini diakibatkan oleh rusaknya lapisan terluar kulit (epidermis).
  6. Kulit akan menjadi putih dalam waktu kurang dari 2 minggu (bergantung dosis merkuri yang terdapat pada krim). Warna putih ini lama-lama berubah abu-abu dan selanjutnya menjadi kehitaman.

Demikianlah tanda dan dampak negatif kosmetik bermerkuri bagi kesehatan Anda. Bijak dan cermatlah dalam memilih produk kecantikan. Gunakan produk yang bebas zat kimia berbahaya. Misalnya, pembersih wajah alami Eclipse Soap Bar serta Eclipse Whitening and Anti-aging Serum yang terbukti secara klinis bebas dari bahan berbahaya seperti merkuri dan hidrokuinon. Untuk pemesanan produk, kunjungi Eclipse Beauty Care.

deep beauty hpai

Resep Menghilangkan Jerawat bersama HPAI

wpinstan in Lifestyle
  ·   1 min read

Solusi Tepat untuk Kulit Berjerawat

wpinstan in Lifestyle
  ·   2 min read