Artikel ini disponsori oleh Jasa Desain Rumah

Salah satu ciri rumah yang menerapkan desain Skandinavia adalah fungsional, simpel, nyaman tetapi memiliki detail yang apik. Interiornya juga dikenal dengan estetikanya yang tinggi. Sebab sederhana namun kaya dengan detail yang bisa menciptakan karakter kuat.

Gaya seperti ini merupakan ciri khas negara konflik seperti Sweden, Finland, Denmark, Norwegia dan Iceland. Bagaimana caranya bila anda ingin mempunyai rumah bergaya Skandinavia? Berikut ini akan dibagikan beberapa tips bangun rumah ala Skandinavia yang bisa anda ikuti.

Tips Bangun Rumah Ala Skandinavia

Style ala Skandinavia ternyata dapat diterapkan untuk desain rumah minimalis. Intinya gaya rumah Skandinavia lebih mengunggulkan fungsionalitas tanpa harus menghilangkan unsur keanggunan dan keindahan rumah.

Berikut ini adalah beberapa tips bangun rumah ala Skandinavia yang hits lengkap dengan beberapa ciri khusus gaya Skandinavia yang bisa anda terapkan untuk bangunan rumah anda.

Menekankan Fungsi

Desain rumah ala Skandinavia akan lebih menekankan fungsi. Tidak heran, desain ini banyak diaplikasikan ke dalam rumah minimalis. Rumah yang nyaman merupakan rumah yang terbuka, sejuk dan membuat penghuninya hidup nyaman. Seperti aplikasi penataan furniture supaya penghuni dapat bergerak bebas dan nyaman saat berada di dalam rumah.

Pemakaian Material Kayu

Kayu menjadi material utama ketika ingin membangun rumah ala Skandinavia. Bukan hanya dalam bangunan saja, tetapi furniture yang ada di dalam rumah juga didominasi dengan material kayu. Desain rumah Skandinavia memang kebanyakan menggunakan kayu pada bagian atap dan juga dinding. Pemakaian kayu bisa memberikan suasana yang hangat, alami dan homey.

Menyatu dengan Alam

Orang Skandinavia sangat suka dengan alam. Mereka juga suka kegiatan alam. Oleh sebab itu, desain rumah Skandinavia banyak memasukkan unsur alam ke dalamnya. Seperti pemberian ornamen serat kayu. Penempatan jendela yang besar juga menjadi cara terbaik agar bisa membuat alam menyatu dengan rumah. Ditambah dengan pemakaian tirai tanpa dekoratif yang tipis, membuat cahaya dapat masuk ke dalam rumah dengan lebih baik.

Ramah Lingkungan

Desain yang ramah lingkungan menjadi salah satu gaya arsitektur rumah Skandinavia. Hal ini dikarenakan negara asalnya lebih memperhatikan perubahan iklim. Apalagi negara Eropa Timur yang sering mengalami musim dingin. Sehingga mereka sangat menghemat energi yang berada di dalam rumah. Bahkan untuk rumah modern ala Skandinavia pun memanfaatkan green technology yang sangat populer.

Pemilihan Warna Netral

Salah satu tips bangun rumah ala Skandinavia bisa dilakukan dengan mengaplikasikan warna netral di dalam desain rumah Skandinavia. Seperti warna krem, putih, abu-abu dan biru. Bahkan sekarang penggunaan warna netral dan juga cerah lebih banyak dipilih. Hal ini bertujuan supaya ruangan tampak lebih luas, cerah dan bisa menghidupkan suasana. Warna ini juga menjadi trade mark tersendiri bagi rumah bergaya Skandinavia.

Tagged in: