Lifestyle

Triclosan, Zat Antibakteri Efektif Menghilangkan Jerawat

Sebagai agen antibakteri, triclosan mampu bekerja dengan baik dalam melenyapkan bakteri dan kuman. Kandungan ini mulai digunakan sejak tahun...

Written by Editorial · 2 min read >

Sebagai agen antibakteri, triclosan mampu bekerja dengan baik dalam melenyapkan bakteri dan kuman. Kandungan ini mulai digunakan sejak tahun 1960-an untuk campuran sabun atau pasta gigi. Kini, zat triclosan diaplikasikan dalam produk anti jerawat, salah satunya Eclipse Soap Bar. Produk tersebut berbentuk sabun batangan. Jika pemakaiannya teratur, bisa menghilangkan jerawat secara permanen.

Pemanfaatan triclosan semakin meluas. Tak hanya untuk sabun, tetapi juga kosmetik, krim perawatan, peralatan medis, pakaian, furnitur, dan perlengkapan dapur. Pasalnya, zat ini mampu menjauhkan benda dari kuman dan mikroba berbahaya. Namun, penggunaan produk yang mengandung triclosan harus dilakukan dengan benar. Tujuannya supaya memperoleh hasil maksimal, seperti kulit sehat dan wajah bebas jerawat.

Triclosan berbentuk bubuk kristal. Teksturnya halus, lembut, tetapi tidak larut dalam air. Bahan ini bekerja efektif pada beberapa jenis bakteri gram positif dan negatif. Untuk memperdalam pengetahuan mengenai triclosan, tidak ada salahnya memahami fungsi zat tersebut. Yuk, cari baca terus ulasannya!

  1. Triclosan Membuat Kulit Bersih dan Sehat

Memiliki kulit bersih dan sehat adalah dambaan setiap orang, khususnya perempuan. Kulit yang demikian akan menambah kepercayaan diri seseorang. Penampilan pun bisa terlihat sempurna, cerah, dan berkilau.

Triclosan merupakan salah satu kandungan kimia yang bermanfaat untuk membuat kulit bersih dan sehat. Zat tersebut mampu mengembalikan struktur kulit seperti semula. Sel-sel lapisan luar yang telah mati, diangkat dan digantikan yang baru. Proses ini terjadi secara sempurna dengan bantuan triclosan.

Saat ini, banyak produk perawatan kulit yang mengandung triclosan. Namun, Anda tetap harus waspada. Pasalnya, penggunaan triclosan harus sesuai anjuran BPOM, yaitu tidak boleh lebih dari 4,5 mikrogram Jadi, pilihlah produk berkualitas dan telah mengantongi izin dari BPOM. Sebagai contoh, Eclipse Soap Bar; sabun anti jerawat yang bebas merkuri dan hidrokuinon.

  • Triclosan Mempercepat Penyembuhan Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa menurunkan kepercayaan diri. Karena benda kecil ini, penampilan jadi kurang sempurna. Apalagi ditambah wajah kusam dan berminyak. Tentu menghilangkan kecantikan atau ketampanan seseorang dalam sekejap.

Ada lima macam jerawat yang sebaiknya diwaspadai. Pertama, komedo; ini merupakan tahap awal munculnya jerawat. Komedo terdiri dari blackhead dan whitehead. Kedua adalah papula, sebuah benjolan berwarna merah. Ukurannya sebesar biji kacang polong dan berisi nanah.

Jenis ketiga, yaitu pustula; bentuknya benjolan dengan permukaan putih. Bagian ini terasa sakit saat disentuh. Di tingkat selanjutnya ada nodul. Ukurannya lebih besar dari pustula, mengeras, dan bisa meninggalkan bekas hitam saat dipecahkan. Terakhir, jerawat batu atau kistik. Ciri-cirinya, berbintik besar, penuh nanah, serta sangat terlihat.

Nah, soal mengobati berbagai jenis jerawat, triclosan ahlinya. Zat ini bisa mempercepat pemulihan bengkak akibat peradangan yang parah. Secara perlahan, jerawat akan mengering dan sembuh. Supaya tidak meninggalkan bekas hitam, Anda dapat memanfaatkan triclosan dalam Eclipse Soap Bar. Produk ini sangat aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

  • Triclosan Ampuh Membunuh Kuman

Kuman merupakan jenis mikroorganisme yang bisa mengakibatkan penyakit atau menurunnya sistem kekebalan tubuh. Penyebaran kuman dapat melalui apa saja, seperti udara, ponsel, dan beragam peralatan yang terkontaminasi. Kuman masuk ke dalam tubuh manusia dengan perantara makanan, salura pernapasan, dan luka.

Saat jerawat yang Anda derita meradang, otomatis akan memunculkan luka. Supaya tidak terinfeksi lebih parah, sebaiknya gunakan produk berbahan triclosan. Zat ini ampuh membunuh kuman penyebab jerawat, yaitu bakteri Probionibacterum acnes.

Salah satu produk mengandung triclosan adalah Eclipse Soap Bar. Sabun ini efektif mencegah bakteri berkembang. Anda bisa memesannya melalui link ini atau situs eclipse.co.id.

  • Triclosan Menyegarkan Kulit

Sampai saat ini, triclosan masih menjadi zat terbaik untuk perlindungan kulit. Pemakaian triclosan dalam produk sabun anti jerawat, mampu mengembalikan kesegaran kulit. Kandungan ini mencegah kulit kering atau kusam. Bahkan, bisa mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit.

Triclosan merawat dan melindungi kulit secara maksimal. Tanpa harus takut terkena paparan debu dan kotoran, Anda bebas beraktivitas seharian di luar. Selain itu, zat ini merupakan antibakteri dan antijamur terbaik yang dapat mengendalikan radikal bebas.

Itulah ulasan mengenai triclosan dan fungsinya sebagai antibakteri. Triclosan adalah zat paling efektif untuk menghilangkan jerawat. Semoga bermanfaat.

manfaat vitamin rambut

Kenali 4 Manfaat Vitamin Rambut

Editorial in Lifestyle
  ·   1 min read