Di sebuah perusahaan atau industri berskala internasional, pasti ada satu bagian khusus yang secara khusus mengatur tentang dokumen dan administrasi custom (ekspor-impor). Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang bisa dibilang cukup rumit. Ini karena dalam prosesnya harus melibatkan banyak pihak yang ada kaitannya dengan material yang sedang dalam proses tersebut. 

Tugas yang Harus Ditangani Staff Ekspor Impor 

Mungkin diantara Anda ada yang berminat untuk bekerja menjadi staff ekspor impor, informasi tentang apa saja tugas staff ekspor impor berikut akan membantu. 

  1. Mempersiapkan Proses Ekspor Impor 

Sebelum melakukan kegiatan impor, staff ekspor impor harus sudah berkoordinasi dengan bagian yang bertugas membeli barang. Pada tahap ini masih belum terlalu sulit karena dokumen akan diurus oleh pihak eksportir.

Rekomendasi untuk kamu: Jasa Cargo China

  1. Meminta Laporan pada Pihak Eksportir 

Selanjutnya, setelah barang sudah dipastikan dikirim oleh pihak eksportir, tugas staff ekspor impor inilah yang harus meminta laporan dari pihak eksportir terkait perkiraan waktu barang akan tiba di pelabuhan tujuan. Berkas laporan pengiriman barang yang isinya detail dari kuantitas hingga metode pengiriman ini biasanya dikirimkan via email.

  1. Berkoordinasi dengan Bea Cukai 
Pengurusan Dokumen Bea Cukai
Pengurusan Dokumen Bea Cukai

Jika sudah, staff ekspor impor juga harus berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai guna menginformasikan estimasi waktu kedatangan barang. Hal ini dilakukan agar nantinya pihak Bea Cukai bisa mempersiapkan lokasi blok pembongkaran kiriman tersebut. 

  1. Berkoordinasi dengan Pihak Forwarder 

Selain dengan Bea Cukai, staff ekspor impor juga harus berkoordinasi dengan pihak forwarder. Tahap ini biasanya dilakukan apabila importir bukanlah perusahaan logistik atau perusahaan pengiriman. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan jasa pengangkutan dari forwarder untuk mengangkut barang dari pelabuhan ke tempat tujuan, yaitu ke perusahaan yang mengimpor. 

  1. Melakukan Pengecekan Barang 
Pengurusan Dokumen Dan Inventori Barang Impor
Pengurusan Dokumen Dan Inventori Barang Impor

Staff ekspor impor juga bertugas untuk melakukan pengecekan terhadap barang ketika sudah sampai. Tahap ini sebenarnya dilakukan oleh pihak Bea Cukai namun harus tetap didampingi staff ekspor impor dari perusahaan pengimpor. Pengecekan ini bertujuan untuk memastikan apakah barang sudah sesuai dengan surat jalan atau tidak, lalu apakah barang tersebut termasuk kena pajak atau bebas pajak. Apabila jumlah barang sangat banyak, proses pengecekan hanya akan dilakukan 30% dari jumlah keseluruhan. 

  1. Pengambilan 

Apabila semua dokumen sudah selesai, staff ekspor impor harus kembali berkoordinasi dengan pihak forwarder untuk proses pengambilan dan pengangkutan barang impor ke tujuan akhirnya. Proses ini dilakukan untuk mengetahui kapan proses pengangkutan dilakukan dan kapan estimasi atau perkiraan barang tersebut sampai ke lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Itulah tadi beberapa tugas staff ekspor impor yang wajib Anda ketahui. Dari daftar tugas yang sudah dijelaskan di atas, sekarang Anda tahu bagaimana sulitnya menjadi staff ekspor impor. Selain harus mengetahui prosedur ekspor impor, Anda juga harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan banyak pihak.

Tagged in:

,