Teknologi text to speech yang mampu mengubah tulisan menjadi suara dengan beragam variasi ucapan baik itu menyerupai laki-laki dan perempuan kini kian banyak digunakan oleh kalangan milenial. Penggunaan suara Google dalam nada dering WhatsApp, konten video serta pesan suara menjadi sebuah tren baru yang menjadi viral dalam beberapa waktu terakhir.

Jika kamu pernah menggunakan aplikasi TTS seperti Sound of Text atau Botika text to speech, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan suara robot Google yang kebanyakannya menyerupai ucapan wanita. Nah, lewat tulisan ini, Oke akan memberikan rekomendasi program text to speech lainnya yang bisa kamu gunakan secara gratis tanpa harus install aplikasi dengan kemampuan suara pria dalam bahasa Indonesia. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak panduan dibawah ini hingga tuntas.

Mengenal Wideo Text to Speech

Berbeda dari program Text to speech biasanya yang menawarkan mesin TTS dalam skema freemium, Wideo text to speech dapat kamu akses secara cuma-cuma alias gratis dengan kuota cukup besar, yaitu, 2000 karakter/hari.

Sebenarnya, Wideo ini bukanlah sekedar menawarkan program untuk mengkoversi teks ke dalam bentuk ucapan melainkan aplikasi TTS dari wideo hanyalah salah satu fitur yang dikembangkan untuk mendukung aplikasi utama yang mereka kembangkan, yaitu Wideo video editor.

wideo text to speech suara pria
Wideo text to speech suara pria

Oleh karenanya, fitur text to speech dari Wideo dapat kamu akses secara gratis bahkan tanpa harus membuat akun terlebih dahulu. Salah satu keunggulan dari engine TTS yang dimiliki Wideo ini adalah banyaknya pilihan jenis suara yang tersedia termasuk untuk bahasa Indonesia. Kamu bisa memilih baik suara pria maupun suara wanita dengan 2 opsi untuk setiap masing-masing gender. Tentu pilihan ini sudah terbilang lumayan untuk layanan gratisan.

Wideo vs Botika dan Sound of Text

Di Botika text to speech sendiri, pilihan jenis ucapan hanya ada dua, itu pun tersedia hanya untuk suara menyerupai ucapan wanita saja, tidak jauh berbeda dengan sound of text yang hanya memiliki pengucapan robot wanita. Dengan Wideo, kamu dapat membuat sound of text pria maupun botika speech cowok dengan tampilan aplikasi yang sangat simpel. Ingin tahu bagaimana cara kerja dalam menggunakan Wideo TTS ini? Simak panduan berikut ini hingaga tuntas.

  1. Buka aplikasi https://wideo.co/text-to-speech/
  2. Ketikkan tulisan yang ingin diubah menjadi suara pada kolom paling atas
  3. Pilih bahasa dan jenis suara pada kolom Voice, untuk mendapatkan sound of text pria, gunakan opsi
  4. Atur kecepatan bicara pada kolom skip atau biarkan default untuk kecepatan bicara normal
  5. Tekan tombol preview untuk mendapatkan suara hasil konversi dan tekan tombol play setelahnya untuk meninjau ucapan yang dihasilkan
  6. Download suara dalam format mp3 dengan cara menekan tombol DOWNLOAD MP3 yang berwarna hijau
Software Text To Speech Wideo
Software Text To Speech Wideo

Tidak sulit bukan untuk menghasilkan suara Google yang menyerupai ucapan pria atau laki-laki. Dengan cara ini, suara Botika text to speech cowok sudah bisa kamu dapatkan dengan kualitas suara natural yang baik.

Dengan kemampuan wideo text to speech untuk menghasilkan suara pria yang baik, ada beberapa implementasi yang bisa kamu lakukan, berikut diantaranya:

Ganti Nada Dering WA jadi Suara Google Pria

Pertama, kamu dapat menjadikan file mp3 yang sudah diunduh tadi untuk menjadi jada dering notifikasi Whatsapp, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Simpan file audio dalam format mp3 tadi di ponsel kamu
  2. Pindahkan file mp3 tersebut ke dalam folder Notifications yang bisa kamu akses di root folder ponsel kamu
  3. Selanjtnya, buka aplikasi wa di ponsel kamu dan masuk ke pengaturan dengan mengklik tombol titik tiga di pojok kanan atas aplikasi
  4. Klik menu notifications, pilih notification tone, lalu pilih nama file mp3 yang sudah kamu simpan di awal tadi
Cara Mengubah Notif Wa
Cara Mengubah Notif Wa

Selesai, kamu sudah bisa menikmati notifikasi nada dering wa dengan suara Google natural mirip pria. Jika sudah berhasil, kamu bisa memvariasikan beberapa nada dering dengan kalimat berbeda agar terdengar lebih menarik.

Ubah Pesan Teks jadi Voice Note di Whatsapp

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan dengan Wideo text to speech adalah mengubah pesan berupa tulisan di whatsapp menjadi pesan suara atau voice note. Caranya tidak begitu sulit, silakan ikuti panduan step-by-step dibawah ini:

  1. Ubah pesan teks menjadi format mp3 dengan cara pakai wideo text to speech diatas
  2. Simpan file mp3 tersebut di dalam ponsel kamu
  3. Buka aplikasi WA dan pilih kolom chat yang akan kamu kirimkan pesan suara
  4. Klik tombol attach (icon klip) dan lalu tekan opsi Audio
  5. Pilih file mp3 yang sudah ada di ponsel kamu tadi dan tekan tombol kirim untuk unggah audio
  6. Tunggu proses upload hingga selesai dan kamu sudah berhasil mengirimkan pesan suara di wa menggunakan ucapan robot text to speech ucapan pria
Upload Sound Of Text Ke Wa
Upload suara wideo text to speech Ke Wa

Oke, sampai disini ulasan kami terkait aplikasi Wideo text to speech yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk menghasilkan suara Google pria dari teks bahasa Indonesia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!